Penjelasan Lengkap tentang Busana Dalam Al-Qur'an

Busana dalam al-Qur'an - Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam, tidak lupa membicarakan soal busana. Dalam Surat Al- A’raf ayat 26 Allah berfirman, yang artinya:

Hai anak Adam, sesungguhnya kami Telah menurunkan kepadamu Pakaian untuk menutup auratmu dan Pakaian indah untuk perhiasan. dan Pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.

Penjelasan Lengkap tentang Busana Dalam Al-Qur'an

Busana dalam al-Qur'an


Sementara itu dalam surat an-Nahl ayat 81 juga disinggung soal pakaian:

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang Telah dia ciptakan, dan dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan dia jadikan bagimu Pakaian yang memeliharamu dari panas dan Pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).

Kemudian, pada surat al ahzab ayat 59 Allah berfirman:

Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat-ayat tersebut di atas mengisaratkan fungsi pakaian menurut syariat Islam, antara lain:

· Sebagai pemelihara manusia dari sengatan panas dan dingin
· pakaian sebagai pembeda natara seorang ydengan selainnya dalam sifat atau profesinya.
· Membentengi manusia dari hal-hal yang dapat menganggu ketentraman.
· Menutupi aurat
· Sebagai Hiasan bagi pemiliknya.

Pakaian adalah sebagian nikmat Allah yang tertentu bagi manusia. Pakaian adalah satu keperluan penting bagi manusia. Secara lahirnya, pakaian melindungi manusia, tetapi secara batinnya adalah lambang kemuliaan insan. Memelihara dan melindungi diri daripada panas, sejuk, cahaya matahari dan hujan adalah tujuan asas berpakaian. Hal ini seperti firman Allah yang artinya:

Aspek pakaian adalah perkara penting dalam membentuk keperibadian seseorang. Kita tahu kini umat Islam diperlihatkan dengan pelbagai bentuk fashion pakaian yang menampakkan sebahagian tubuh.  Oleh karena itu, kedatangan nur Islam sebagai agama suci yang sifatnya sebagai penjamin keselamatan dan kesejahteraan manusia di dunia dan akhirat menggariskan beberapa adab berpakaian. Ia bagi memelihara kesucian diri dan membentuk peribadi Muslim sejati.

baca juga:

Inilah Alasan Mereka yang Tidak Mau Berbusana Muslimah

Ragam Pilihan Busana Muslimah Pesta
Nah, Muslimah Cantik dapat anda manfaatkan untuk bisa tampil cantik dan sehat sesuai dengan syariat Islam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »