Warna Busana dan Jiwa Pemakainya

Warna Busana dan Jiwa Pemakainya - BUSANA menunjukkan kepribadian seseorang. Busana yang dikenakan oleh seseorang sangat mempengaruhi jiwa si pemakai busana tersebut, juga terkadang akan mempengaruhi orang yang melihatnya. Oleh karena itu dalam pemilihan model, dan seyogyanya tidak asal-asalan dalam menentukan. Memilih Warna Baju Muslimah

Dulu memang, busana muslim dipenuhi dengan ragam model. Tetapi kini seiring dengan perkembangan, busana muslim sudah mulai memikirkan warna sebagai salah satu aspek yang diunggulkan.
Asal anda tahu, bahwa warna busana itu mempengaruhi psikologis pemakai busana. Anda mungkin sudah mengenal kepribadian seperti apa yang anda miliki. Mungkin anda seorang yang pemalu, agresif, atau memiliki kepribadian unik dalam gaya busana yang eklektik. Ternyata, kepribadian seseorang mempengaruhi atau memiliki kecenderungan dalam memilih busana yang disesuaikan dengan perasaannya.

Hal tersebut diungkap oleh para psikolog. Menurut mereka, para ahli kejiwaan itu, apa yang sudah disebutkan di atas berhubungan erat dengan terapi warna dan alam bawah sadar. Meskipun begitu, perempuan biasanya hanya memilih warna busana tertentu sebagai sarana terapi.

Apakah anda senang memakai busana warna merah? Anda tahu, ternyata warna merah memberikan efek dramatis yang sering dikaitkan dengan vitalitas, ambisi, juga hasrat. Karena itu, warna ini dikategorikan sebagai warna berani yang kerap digunakan untuk menunjukkan rasa percaya diri. Termasuk bendera bangsa kita, juga menggunakan warna merah, sebagai simbol keberanian, dan pantang menyerah.

Anda yang senang mengenakan gaun warna kuning. Mungkin perlu tahu bahwa busana warna kuning mampu membawa nuansa gembira, optimis dan penuh semangat. Umumnya, warna ini hadir dalam busana kasual seperti t-shirt ataupun ragam sportswear. Namun, saat ini warna kuning semakin mudah didapatkan dalam berbagai gaya busana, termasuk busana muslimah itu sendiri. Atau tunik ataupun gaun pendek terlihat manis saat dipadukan bersama legging atau stocking berwarna gelap.

Wah, wah, ternyata kajian psikolog sebegitu mendalam soal warna. Padahal kita sendiri sering hanya memilih warna tertentu dikarenakan menyukainya, bukan ingin mendapatkan efek tertentu dari busana yang kita kenakan.

senandung.net
Nah, kemudian, anda yang menyukai warna pink alias merah muda. Dengan memakai gaun warna merah muda yakinlah, bahwa anda tidak pernah gagal untuk memberikan kesan girly dan manis. Warna ini memang senantiasa disandingkan dengan wanita. Padahal tidak demikian. Kini, ada banyak pria yang tidak kalah gemar mengenakan warna ini.

Jika warna pink ini dipadukan dengan denim maupun celana pipa warna putih, maka hasilnya akan jauh lebih trendi dan bergaya summer chic.

Lalu bagi anda yang senang memakai busana warna biru, apakah anda percaya bahwa warna biru, menurut para psikolog sering dikaitkan dengan ketenangan, idealisme serta inspirasi. Sepertinya warna ini banyak sekali penggemarnya. Warna ini menjadi se-istimewa cara emosional berlawanan dengan merah dan kuning. Tetapi mampu membangkitkan perasaan yang sangat tenang dan rileks. Cocok dikenakan pada siang hari atau acara semi formal, busana pesta, atau untuk di sore hari.

Berbeda dengan biru yang memberikan ketenangan, anda yang mencintai warna hijau maka busana kesukaan anda itu akan membawa suasana yang segar. Warna ini merupakan penyeimbang dari semua palet dan menjadi terapi yang tepat saat stres melanda. Mengenakan busana hijau di lingkungan kerja akan membuat perhatian tertuju pada Anda. Mata-mata yang tadinya tidak memperhatikan anda, dan lebih sering acuh, akan ditarik oleh warna hijau itu.

Namun begitu, warna hijau kurang cocok digunakan saat berpesta. Bahkan, warna ini resmi menjadi pengganti hitam dan merah karena unsur alaminya yang bisa dikenakan dalam berbagai suasana.
Membicarakan warna bukan berarti melupakan dua palet andalan, yakni putih dan hitam. Sungguh, banyak sekali orang yang menggemari dua warna tersebut. Hitam dan putih adalah warna yang netral. Warna yang mampu membangkitkan rasa bebas sekaligus ultrafeminin.

Karena itu, banyak yang menggunakan gaun putih dalam berbagai acara formal. Begitu juga dengan hitam yang pamornya tidak pernah pudar.Warna misterius ini menimbulkan aura elegan dan prestisius.
Nabi Muhammad sendiri paling busana warna putih. Dikarenakan warna ini adalah warna yang melambangkan kesucian. Jika anda menggunakan gaun warna putih maka ketika gaun tersebut terkena kotoran sedikit saja maka akan segera nampak. Alhasil dengan menggunakan warna putih anda menjadi lebih hati-hati dalam menjaga kebersihan.

“pakailah pakaianmu yang putih karena ia adalah sebaik-baik pakaianmu. Dan gunakanlah pakaian (putih) itu untuk mengafani mayatmu.” (HR. Abu Daud)

Demikian. Baca juga Panduan Memilih Warna Pakaian yang Serasi dan Tips Memadukan Warna Jilbab Kombinasi. Semoga bermanfaat. Warna Busana dan Jiwa Pemakainya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »