Makanan, Buah, dan Sayur yang Bagus Bagi Ibu Hamil

Kehamilah adalah anugrah. Karenanya ia mesti dijaga. Caranya? Tentu dengan merawat kesehatan dan dengan memberikan asupan-asupan yang baik bagi si kecil yang masih dalam kandungan.

Namun begitu, tidak jarang ibu hamil yang tahu soal makanan apa yang mesti ia konsumsi. Alih-alih mengetahuinya, yang justru sering terjadi adalah ibu hamil kerap lebih percaya kepada mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang larangan memakan ini dan itu, padahal mungkin makanan tersebut justru bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin.

Beberapa waktu lalu kita sudah membaca artikel perihal penyebab batuk pada ibu hamil. Yang belum membacanya bisa klik link tersebut. Nah, kali ini marilah kita pelajari tentang nutrisi dan gizi bagi ibu hamil, yakni mengenai makanan, buah, dan sayur apa saja yang bagus bagi ibu hamil. 

makanan yang sehat untuk ibu hamil
Sebab doa saja tidak cukup untuk membuat bayi kita lahir dengan selamat, sehat, dan menjadi anak cerdas. Maka kita harus belajar bagaimana mengupayakan harapan-harapan kita tersebut, salah satunaya adalah dengan memperkaya wawasan kita seputar tips kesehatan bagi ibu hamil.

Gizi apa saja yang harus dipenuhi bagi ibu hamil? Berikut adalah kutipan artikel doktersehat.com, dengan banyak variasi dan tambahan.

Janin dan ibu hamil membutuhkan gizi yang berbeda dengan orang biasa. gizi tersebut antara lain, berupa asam folat, kalori, protein, kalsium, dan zat besi. Mari kita kupas satu demi satu.

Makanan yang mengandung asam folat baik untuk ibu hamil dan janin.

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil, terutama bagi tiga gingga empat minggu pertama janin berada dalam kandungan. Kandungan asam fola biasa terdapat pada makanan yang mengandung vitamin B.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat maka, janin yang ada dalam kandungan dapat terhidar dari beberapa risiko yang mengkhawatirkan hingga 70 persen. Risiko tersebut antara lain cacat organ vital sejak lahir, bibir sumbing, bayi lahir prematur, dan juga cacat-cacat kelahiran yang lainnya.


Kekurangan asam folat dapat menyebabkan perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan bisa membuat bayi lahir dengan kelainan. Semoga semua bayi kita lahir dalam keadaan sehat, amin. Maka, tips sehat bagi ibu hamil, pertama jangan lupa mengonsumsi asam folat.

Pertanyaannya, makanan apa saja yang mengandung asam folat? Nah, inilah dia makanannya: buah-buahan, sayuran hijau, dan beras merah adalah makanan yang mengandung asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil.

Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi

Bagi ibu hamil, makan tidak boleh sembarangan. Sebelum memutuskan makan atau tidak, maka tanyakan dulu, apakah makanan itu baik bagi ibu hamil dan si janin. Jika tidak, ya harus sabar. Sabar itu menahan.

Salah satu makanan yang bagus dikonsumsi ibu hamil adalah makanan yang mengandung protein. Kenapa? Sebab protein diperlukan untuk pembentukan darah dan sel. Perlu diketahui, kebutuhan ibu hamil akan protein adalah sekitar 60 gram dalam satu hari, atau sekitar 10 gram lebih banyak daripada orang biasa.

Makanan apa yang mengandung protein yang baik bagi ibu hamil? Mudah saja. Jenis kacang-kacangan, tahu, tempe, putih telur, dan daging sangat mudah diperoleh bukan? Sebagai tambahan, hindari mengonsumsi hati saat hamil karena ‘hati’ mengandung retinol yang tingggi. Retinol adalah semacam bentuk vitamin A yang kurang baik bahkan berbahaya bagi janin.

Pemenuhan Kalsium bagi Ibu Hamil

Kita sudah sering mendengar istilah kalsium. Tapi kadang-kadang kita belum tahu, makanan apa saja yang mengandung kalsium dan apa hubungannya dengan ibu hamil? Makanan yang mengandung kalsium bisa didapatkan dari susu, dan produk-produk olahan dari vitamin D, A, B2, B3, dan C.

Bagi ibu hamil kalsium sangat penting. Sebab dengan pemenuhan kalsium ibu hamil dapat terhindari dari osteoporosis, atau semacam kerapuhan tulang. Logikanya begini: Apapun yang dimakan Ibu hamil sari-sarinya akan dibagi dua, yakni untuk ibu hamil sendiri dan untuk janin dalam kandungannya. Jika asupan kalsium rendah, sementar kalsium itu akan dibagi dua, maka kebutuhan kasium janin akan diambil dari tulang ibunya.

Pemenuhan Zat Besi dan Kalori

Kalori pada ibu hamil naik antara 3000-4000 kkal perharinya. Karenanya makan yang teratur dan bergizi sangatlah diwajibkan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Demikian pula pemenuhan gizi zat besi, yang penting dalam pembentukan darah, sel darah merah, dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Kebutuhan zat besi semakin meningkat saat usia kandungan sudah mencapai 20 minggu.

Untuk memenuhi zat besi, ibu hamil bisa mengonsumsi ikan dan daging. Sementara untuk memenuhi kalori makanlah makanan yang mengandung karbogidrat, lemak nabati dan hewani, serta sayur sayuran dan buah-buahan.

Tambahan Makanan dan Buah yang bagus buat ibu hamil

Selain makanan untuk ibu hamil sebagaimana tersebut di atas, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi nasi merah yang kaya akan serat, zat besi dan vitamin B. Juga stroberi karena buat tersebut dipercaya mengandung antioksidan, folat, serat dan vitamin C. Selain itu, buah-buahan yang baik bagi ibu hamil adalah Pisang. Buah pisang mengandung zat potassium yang diperlukan untuk mengatasi penahanan cairan yang bisa membuat kaki bengkak dan kram saat hamil. Pisang yang kaya serat juga dapat mencegah sembelit.

Demikian, salam sehat dan cantik! Baca juga Sebab dan Akibat Batuk pada Ibu Hamil, Obat dan Solusi yang tepat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »