4 Penyebab Kulit Tidak Sehat dan Solusi Mengatasinya

Siapapun mendambakan kesehatan dan kecantikan kulit. Ciri-ciri kulit yang sehat di antaranya, pertama, menampilkan kecerahan warna kulit yang sesungguhnya. Kedua, kulit tersebut selalu kenyal dan kencang. Ketiga, memiliki kelembaban yang cukup. Keempat, memiliki sedikit kerutan sesuai dengan usia si empunya. Kelima, kulit bersih dari berbagai noda, maupun jerawat atau penyakit kulit seperti jamur. Selain itu, kulit yang sehat juga akan tampak segar dan bercahaya.

kecantikan kulit Lalu bagaimana menjaga agar kulit senantiasa sehat? Bagaimana agar kita selalu dapat merawat kecantikan kulit? Pahami dulu apa penyebab gangguan pada kulit. Berikut ini adalah 4 penyebab kulit tidak sehat dan solusi mengatasinya:

1. Penggunaan Kosmetika yang salah

Hati-hati dalam menggunakan kosmetika. Jika ingin menggunakan bahan alami itu lebih baik. Tetapi jika ingin menggunakan kosmetika buatan pabrik, ketahuilah dulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Penggunaan krim anti jerawat yang bahannya tidak diketahui secara pasti justru dapat menjadi penyebab jerawat. Maunya mengusir malah justru mengundang. Selain mengetahui bahan, kita juta dituntut untuk membaca aturan pemakaiannya. Jika ragu-ragu barangkali sebaiknya anda konsultasi kepada ahlinya.

2. Ketegangan pada kulit.

Tahukah anda, bahwa ternyata stres dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan menjadi pemicu jerawat serta komedo? Makanya, jangan stres ya! Sempatkanlah waktu untuk berolah raga atau melakukan kegiatan-kegiatan untuk dapat mengurangi dan menghindari stres. Beribadah dengan khusuk juga merupakan cara menghindari stres. Dengan beribadah yang baik secara tidak langsung kita juga sedang menjaga agar kulit kita tetap cantik dan sehat.

Melarikan diri ke tempat hiburan malam, atau minuman keras sama sekali tidak akan menghilangkan stres, melainkan mengendapkannya sementara waktu. Stres akan semakin memadat dan muncul kapan saja. Jika ingin aman, ya olahragalah. Pilihlah olah raga yang ringan. Atau dengan menggerakkan otot-otot besar atau aerobik secara teratur minimal tiga kali seminggu selama 30 menit.

Selain olah raga dan beribadah yang tekun, disarankan juga mengonsumsi buah-buahan. Vitamin B komplek, kalsium, dan magnesium dalam aneka jus merupakan nutrisi efektif untuk mengatasi stres. Vitamin A, C atau E juga baik. Vitamin tersebut selain dapat memperbaiki kulit juga dapat mengobati infeksi.

3. Pencernaan yang kurang sehat

Penyebab ketiga dari kulit yang tidak sehat dalam pencernaan yang kurang sehat. Makanan yang tidak bisa dicerna dapat menyebabkan sakit perut atau usus dan kemungkinan bisa berkembang menjadi racun dalam tubuh. Karenanya, jika ingin kulit tetap sehat dan cantik, jagalah pola makan dan pilihlah makanan yang baik untuk pencernaan. Sebaiknya perbanyak pula konsumsi buah, karena dengan begitu serat kita akan aman dan pencernaan menjadi bagus.

4. Memilih Pembersih Kulit yang Sesuai.

Jika kulit kita bermasalah memang sebaiknya kita rawat secara khusus. Perawatan khusus bukan saja membersihkan, tetapi dapat mengangkat sisa minyak, sel kulit mati, toksin dan bakteri. Semakin lama kotoran itu menempel maka semakin banyak kerusakan kulit yang ditimbulkan.

Baca juga 5 Cara ampuh menjaga dan merawat kecantikan kulit

sumber rujukan: Buku Sehat dengan Ramuan tradisional aneka jus dan masker buah untuk kecantikan karya Dr. A.P Bangun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »