Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Keriput Muncul di Usia Muda


Penyebab dan Cara Mengatasi Keriput Muncul di Usia Muda - Usia memang tidak ada seorang pun yang bisa menahannya. Waktu terus malaju dan usia kita kian lama kian bertambah tua. Perubahan fisik tidak bisa dihindari. Karenanya kecantikan wajah, kecantikan kulit, kecantikan rambut, dan kecantikan-kecantikan bagian tubuh yang lain, dapat pudar seiring beranjaknya usia. Keriput adalah hal yang alamiah yang muncul akibat penuaan. Tapi ada kita temukan (atau anda sendiri mengalami) keriput muncul di usia muda. 
 
Seorang dokter, sebagaimana dilansir Ummi.co.id menyatakan bahwa pada usia berkisar kepala tiga, mestinya keriput atau kulit yang berkerut belum banyak muncul. Jika pada usia muda keriput sudah muncul itu artinya seseorang mengalami apa yang disebut sebagai pernikahan penuaan dini. 

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Keriput Muncul di Usia Muda

 
mencegah kulit keriput
Penyebab kulit keriput
Inilah macam-macam keriput dan penyababnya masing-masing.


Deep wrinkle atau keriput dalam

Penyebab Keriputan - Jenis kerpiut ini muncul pada bagian dahi atau berada di tengah kedua alis mata kita. Mungkin anda bisa mengambil cermin dan mulai melihat apakah keriput ada keriput di bagian tubuh tersebut atau tidak. 

Penyebab kulit keriput dalam yakni jaringan otot di bawah kulit yang menjadi tebal, kaku, dan keras. Kenapa bisa terjadi begitu? Tidak lain adalah karena orang yang kerap mengekspresikan wajahnya secara berlebihan. Contoh dari ekpresi wajah berlebihan yang membuat kulit cepat mengkerut adalah ekpresi saat marah atau ketika kita mengerutkan dahi karena silau kena cahaya.

Cara mencegah keriput dini semacam ini adalah dengan mengurangi ekspresi berlebihan. Kurangi marah, dan biasanyakan tersenyum menghadapi masalah. Benar kata orang, sering marah-marah membuat seseorang tampak cepat tua. Selain itu, untuk kita bisa memakai kaca mata hitam agar tidak sering mengerutkan dahi saat silau oleh matahari.

Sedangkan untuk menghilangkan kulit keriput bisa dilakukan dengan bantuan medis, (tapi ini tidak dianjurkan) yakni dengan melumpuhkan otot yang terlanjur kaku itu. Kini sudah ada zat bernama botulinum yang dipercaya bisa mengurangi kerutan itu, tapi injeksi botulinum atau botox belum jelas kehalalannya, bahkan MUM (majlis ulama malaysia) menyatakan haram penggunaan zat tersebut.

Cara alami mengatasi keriput dan paling aman adalah dengan banyak tersenyum, karena otot-otot yang dipakai untuk tersenyum akan mengendurkan otot ekspresi marah. 

Lalu menganai pori melebar, ini bisa terjadi karena orang banyak makan makanan mengandung lemak. Makananan berlemak yang kita konsumsi meningkatkan produksi kelenjar minyak kulit dan pori kulit melebar untuk memberi jalan keluar pada lemak. Otot lubang pori yang menjadi kendur juga bisa karena ulah kita sendiri, contohnya komedo yang dipencet keluar paksa tanpa dilakukan penguapan.

Fine Wrinkle atau Keriput halus

Sebab munculnya keriput halus karena berkurangnya jumlah jaringan elastin atau kolagen yang diakibatkan menurunnya jumlah dan aktivitas sel-sel fibroblas. Sel-sel tersebut terdapat pada lapisan kulit bagian tengah  atau yang disebut dermis. Fungsi dermis yaitu sebagai jaringan penunjang serta pengencang kulit. Logikanya, jika kalogen berkurang maka pengencang kulit juga berkurang. Dan secara alamiah, kolagen berkurang 1% per tahun setelah usia 40 tahun, meski ada juga yang mengatakan kalogen mulai berkurang di usia seperempat abad atau 25 tahun.
penyebab kulit keriput
Wajah saat perempuan tua (smbr: eramuslim.com)
Penyebab keriput ini bisa dibilang alamiah, terjadi karena faktor usia yang bertambah. Tapi jika masih 25 tahun kulit sudah keriput mungkin disebabkan karena rusaknya kolagen akibat kulit sering terkena sinar ultraviolet (UV), UVA dan UVB, terutama yang bersumber dari sinar matahari. Ya, UV, UVA dan UVB tidak hanya berasal dari sinar matahari. Anda tahu, sinar-sinar tersebut juga muncul dari penggunaan pada alat-alat modern, seperti komputer, api kompor gas, lamput LT dan lainnya. 

Selain hal tersebut, penyebab munculnya keriput halu adalah polusi udara. Udara yang kotor dapat merusak kalogen, demikian juga asap rokok dan cuaca yang tidak menentu. Ada lagi penyabab munculnya keriput ini, yaitu kurang seimbangnya gizi dari makanan yang kita konsumsi. Diet yang terlalu ketat, stres, kecapekan, kurang tidur malam hari, juga menjadi biang keladi munculnya keriput halus.
 
Sekarang Anda sudah mulai bisa menebak, kenapa orang yang usianya masih muda tapi sudah muncul keriputnya. Anda bisa mengetahuinya dengan mengetahui penyebabnya.

Cara mengurangi keriput halus atau keriput yang sudah muncul diusia muda adalah dengan memakai krim kulit dengan kandungan asam retinoat, vitamin C, dan asam glikolat. Pakaialah secara teratur, dan hindari penyebab-penyabab munculnya keriput sebagaimana di atas. Jika perlu ke dokter, silahkan konsultasikan langsung.

Mungkin itu saja, kita bisa lanjutkan kapan-kapan. Baca juga, Mari cegah datangnya kulit keriput yang muncul di usia dini. Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cekungan di Bawah Mata. Dan yang ini juga penting Perawatan Rambut Bagi Calon Pengantin

Salam Cantik Sehat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »