Kenapa Muncul Flek Hitam Selama Hamil, Bagaimana Cara Menghilangkannya

Wanita hamil memang merupakan perjuangan yang luar biasa. Banyak cobaan yang dialami oleh wanita hamil, di antaranya adalah terjadinya perubahan hormon pada tubuh yang otomatis juga mengakibatkan terjadinya hal-hal yang kadang tidak diinginkan. Flek hitam, misalnya. Bagi yang pernah hamil atau sedang hamil mungkin sudah tidak asing lagi, Flek hitam sering kali muncul ketika hamil.

Flek Hitam yang dimaksud di sini bukan semacam darah hitam yang keluar sebagai adanya tanda-tanda kehamilan, melainkan flek hitam pada kulit. Jangan salah paham ya. Kalau anda salah masuk, mohon maaf. Itu bukan faktor kesengajaan. Tapi ada banyak posting seputar kehamilan di sini, anda bisa membaca yang lain.

Penyebab munculnya flek hitam saat hamil

Pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya oleh para ibu hamil adalah, kenapa orang hamil muncul flek hitam? Jawabannya, tidak lain adalah karena terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil, terutama perubahan hormon progesteron yang tinggi karena tubuh sedang membentuk plasenta si kecil dalam rahim. Nah, perubahan hormon itulah yang kemudian memacu munculnya flek hitam. Dalam dunia medis, flek hitam ketika hamil dikenal dengan istilah cloasma gravidarum, sepertinya itu bahasa latin -- Saya bukan dokter sih.

Istilah latin yang disebutkan di atas itu sebenarnya bukan penyakit. Cloasma yaitu suatu keadaan di mana flek terjadi karena adanya penumpukan pigmen melanin di daerah tertentu, misal wajah, perut, ketiak, atau lipatan perut. Maka wajar jika ibu hamil timbul flek di daerah-daerah yang disebutkan itu.

Karena itu adalah hal yang alami, maka juga akan hilang secara alami, alias dengan sendirinya. Usai persalinan 6 sampai 18 bulan, flek hitam biasanya akan pudar dan kemudian lenyap sama sekali.

Meski secara umum flek hitam diakibatkan karena perubahan hormon, tapi ada yang lain juga. Misal, karena penggunaan alat KB yang mengandung progesteron, baik suntik atau pil juga bisa menyebabkan timbulnya flek hitam.

Bagaimana dan kenapa flek hitam sulit hilang setelah melahirkan

penyebab munculnya flek hitam saat hamil
Secara umum memang, flek hitam yang muncul ketika hamil akan hilang dengan sendirinya. Tapi jika flek hitam itu masih saja tidak hilang, walaupun sudah melahirkan lebih dari 2 tahun atau tiga tahun, kemungkinan besar flek itu sudah menetap dan menjadi semacam penyakit yang disebut melasma atau pigmentasi kulit yang berlebihan. Jika sudah begitu, maka tidak ada jalan lain kecuali anda konsultasikan dengan dokter spesialis kulit kepercayaan anda.

Biasanya, menurut dokter, tindakan medis yang akan dilakukan jika flek di wajah sudah dalam, dokter akan menggunakan laser untuk menghilangkannya. Tetapi jika flek yang muncul tersebut tidak dalam-dalam amat maka dokter mungkin hanya akan menganjurkan anda memakai krim tertentu. Untuk lebih jelas dan detailnya, krim seperti apa dan hal-hal lainnya, saya menyarankan anda untuk mendatangi dokter saja. Saya tidak ingin keliru soal ini.

Nah, ada lagi saran dari dokter, sebagaimana dikutip situs Ummi.Co.id. Yaitu jika flek hitam ini masih melekat bahkan setelah persalinan jangka waktu lama, maka jelas itu bukan semata pengaruh perubahan hormon. Ada faktor X lainnya, bisa keturunan atau karena pemakaian KB yang kurang pas. Jika anda mempunyai kecenderungan seperti itu, mungkin sebaiknya anda hindari memakai KB suntik, KB Susuk, atau minum pil menyusui. Sebebihnya, bisa tanyakan kepada bidan.

Cara menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Ramuan yang akan saya sampaikan ini bisa anda praktekkan agar flek hitam yang muncul ketika hamil tidak bertambah gelap:

1. Anda butuh minum air bening yang banyak.

2. Jangan lupa juga untuk makan buah dan sayuran yang banyak kandungan vitamin C. Kenapa vitamin C? Sebab Vitamin C ampuh membantu mengurangi pembentukan melanin.

3. Jika anda sering keluar rumah, kurangilah terkena matahari secara langsung dalam waktu lama. Anda juga bisa mengoleskan krim pelindung matahari atau sunblock sebelum keluar rumah. Jika tidak ada krim, mungkin anda bisa membawa payung, bawalah. Kalau perlu pakai hijab atua pakaian yang rapat agar kulit anda dapat lebih terlindungi.

Demikian. Baca juga, Cara Alami Memutihkan Mencerahkan, dan Menghilangan Flek Hitam. Juga 3 Cara Mudah untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Semoga posting tentang Munculnya Flek Hitam Selama Hamil, Bagaimana Cara Menghilangkannya ini dapat berguna. Salam cantik sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »