Penyebab dan Cara Mengatasi Cekungan di Bawah Mata

Penyebab dan Cara Mengatasi Cekungan di Bawah Mata - Bicara soal mata, dulu saya pernah menulis tentang tips make up mata, yaitu seputar cara memakai eyeliner baik yang cair maupun yang pensil. Anda belum baca? Mungkin nanti saja, sekarang baca ini dulu ya. Tentang Cekungan di Bawah Mata.

Sebenarnya apa yang dikhawatirkan dari cekungan di bawah mata? Bukankah mata sebenarnya merupakan cekungan yang terbentuk oleh tulang (infraorbital) yang ada di bagian bawah dari cekung tempat kedudukan mata kita? Memang iya. Tapi kan kalau cekungan itu terlalu dalam, dan warnanya hitam, menjadikan penampilan kurang menarik, terkesan tua gitu. Atau memang sudah tua? Kalau masih muda dan memiliki cekungan di bawah mata itu yang mungkin membuat gelisah, tapi kalau sudah tua sih, wajar.
penyebab cekungan di bawah mata


Jadi apa saja penyebab munculnya cekungan di bawah mata? Menurut berbagai sumber, penyebab cekungan di bawah mata ada tiga, yaitu:

Proses penuaan


Ini dia. Tahukan anda, bawah lemak infraorbital juga akan berkurang dengan bertambahnya umur. Inilah yang kemudian bisa menambah cekung pada bagian bawah mata dan akan tampak menjadi lebih kehitam-hitaman. Ini wajar, dan hampir dialami oleh semua orang (perempuan) yang beranjak usia. Jadi anda tidak perlu panik. Kecantikan tubuh boleh memudar, tapi kecantikan hati harus terus dijaga ya.

kantung di bawah mata
perhatikan mata presiden kita
Tapi tenang, nanti ada kok saya sampaikan tips untuk mengurangi kesan cekungan di bawah mata. Sebelumnya, perlu juga anda ketahui bahwa cekungan hitam di bawah mata bisa menjadi makin parah kalau ditambah dengan kantung mata, semacam kulit yang menggelambir. Penyebab munculnya kantung mata itu sendiri adalah karena proses penuaan. Ilmiahnya begini, kulit bagian tengah yang disebut dermis makin lama makin melemah, lalu gravitasi bumi menarik kulit ke bawah, bisa pula karena peradangan karena pajanan sinar matahari atau pengumpulan cairan karena pembuluh darah bocor.

 Alergi Memunculkan Cekungan di Bawah Mata


Ini jarang terjadi. Bagi anda yang memiliki alergi mata dan hidung, jandanya adalah sering bersin-bersin pagi hari membuat daerah sekitar mata menjadi sering digaruk. Akibatnya jelas, yaitu warna kulit akan semakin menghitam.

Keturunan


Apakah anda pernah memperhatikan orang-orang daerah Sumatera, Arab atau India? Jika kita cermat, maka kita dapat melihat bahwa keturunan orang pada daerah yang disebutkan (untuk sekadar contoh) relatif lebih cekung dibandingkan keturunan ras atau suku bangsa lainnya. Ini faktor keturunan, pengaruh genetika.

Bagaimana cara Menghilangkan Cekungan Hitam Di Bawah Mata

Ada beberapa cara untuk menghilangkan cekungan hitam di bawah mata,

Alternatif pertama, Anda bisa menyamarkannya dengan concealer atau krim penyamar noda. Perlu diingat, pengobatan dengan krim memerlukan waktu cukup lama baru terlihat hasilnya dan tidak bisa instan, maka tutupi dulu sambil diobati, begitu. Anda juga bisa mengoleskan krim penyamar noda (concealer) yang berwarna nuansa kuning. Tahukan anda, bahwa warna kuning ini berfungsi untuk menetralkan warna gelap keunguan yang ada di bawah mata. Tidak sulit mencari krim penyamar noda. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya sesuai dengan selera dan harga.

mengatasi cekungan di bawah mata
Alternatif kedua. Anda bisa memakai kantung teh atau mentimun. Kantung teh? Ya, maksudnya teh celup itu lho. Saat anda tidak punya waktu, anda bisa manfaatkan kantung teh celup yang lembab. Atau bisa pakai mentimun. Caranya adalah dengan mengompreskannya di mata. Kenapa teh dan mentimun ini bisa mengobati cekungan mata. Sebab ada zat tanin yang dikandung oleh teh mengurangi radang, dan mengempiskan bengkak. Selain itu teh juga mengandung sedikit kafein yang bisa mengurangi cairan dari kulit di sekitar mata, hasilnya bengkak jadi berkurang deh. Ohya, jika anda memakai alternatif ini, jangan lupa hilangkan dulu potongan mentimun. Mentimun ampuh karena mengandung enzim yang dapat mereduksi radang kulit, dan mengurangi bayangan hitam. Tapi ini khasiatnya sementara lho, tidak usaha terus-terusan digunakan, saat dalam keadaan darurat saja, misal saat krim penyamar noda anda habis. Begitu kata para ahli kecantikan.

Alternatif ketiga, menggunakan antioksidan. Antioksidan bisa berupa krim untuk bawah mata yang mengandung vitamin C. Tahulan, vitamin C bukan semata untuk obat sariawan, tapi jua bisa bekerja mengurangi produksi cairan kulit setempat dan merangsang pembentukan jaringan ikat fibroblas yang membentuk kolagen. Dengan begitu, kulit anda dapat lebih kencang dan berkurang kecekungannya. Selain krim untuk bawah mata, anda juga bisa menggunakan antioksidan lain seperti copper peptide.

Alternatif keempat, yaitu menggunakan bahwa yang mengandung Vitamin K. Vitamin K berfungsi memperbaiki kekuatan pembuluh darah halus pada kulit daerah bawah mata, dan karenanya jumlahnya dapat kembali normal. Dengan begitu, tidak akan lagi terjadi penambahan jumlah pembuluh darah yang menyebabkan warna menjadi gelap. Pakailah Krim yang mengandung vitamin K, ini akan sangat membantu anda memulihkan warna kehitaman di cekungan mata.

Alternatif kelima, pakai pemutih. Jika anda memiliki cekungan hitam di bawah mata yang disebabkan karena alergi, tepat sekali menggunakan krim pemutih atau pencerah kulit ini. Tapi harus hati-hati, anda mesti obati dulu alergi mata anda. Jika tidak, kelak akan muncul lagi tuh cekungan di bawah mata. Anda bisa memakai krim yang mengandung asam kojik (kojic acid). Jangan lupa ketika ada sinar matahari pada pagi dan siang hari, oleskan krim pelindung matahari minimal SPF 15 pada area bawah mata. Demikian sumber dari majalah Ummi.

Mungkin itu dulu Muslimah Cantik. Esok lusa boleh kita jumpa pula. Semoga dengan mengetahui penyabab dan cara mengobati cekungan hitam di bawah mata bisa menambah pengetahuan anda dan kecantikan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »