Kumpulan Resep Membuat Berbagai Macam Kolak Sehat Nikmat

Cara Membuat Kolak - Siapapun paham, kolak adalah menu yang istimewa yang sudah tentu dapat dengan mudah dijumpai rumah-rumah muslim saat menjelang buka puasa. Di jalan-jalan pada sore hari juga banyak sekali orang jualan kolak. Anda juga bisa ikut berjualan, atau jika tidak bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus membelinya langsung. Yeah, bukannya tidak percaya dengan pembeli. Penjual muslim kan jujur-jujur. Bahan-bahan yang mereka gunakan tentu saja sehat (semoga). Tapi jika anda kurang percaya dan ingin membuatnya sendiri, itu pun tidak dosa.

Berikut adalah beberapa jenis kolak terkenal dan bagaimana cara membuatnya. Kolak apa sajakah itu? Ada kolak Angsle, Kolak Singkong, sampai kolak Apel, Kolak Tepung Ketan, dan tidak ketinggalan kolak biji salah ungu. Resep-resep kolak tersebut sebenarnya Semuanya mudah dan murah untuk membuatnya sendiri. anda pasti bisa, percayalah! 



Kumpulan Resep Membuat Berbagai Macam Kolak Sehat Nikmat

Resep Kolak Angsle

Kolak Angsle ini tak kalah menariknya unt di coba, dan tak kalah nikmat rasanya sebagai pendamping buka puasa. Dalam resep atau cara membuat ini kolak angsle terdiri atas beberapa bahan dasar, seperti pisang tanduk yg di potong bulat, singkong, kacang ijo, santan, & beberapa zat pilihan lainnya yg di kolaborasikan dalam pembuatan kolak angsle ini, sehingga menghasilkan hasil masakan yang pas sekali dihidangkan sebagai takjil di saat berbuka puasa bareng keluarga. Bagi sobat sekalian yg ingin mencoba membuatnya silahkan simak.
resep kolak angsle

Bahan-bahan untuk membuat kolak angsle 

1 buah (250 grm) pisang tanduk, dipotong bulat tebal 1 cm
200 gram singkong, dipangkas-potong
100 gram kacang ijo
2.200 ml santan dr 1 1/2 butir kelapa
3 lembar daun pandan, disimpulkan
5 cm kayu manis
300 gram gula pasir
5 buah nangka, dipangkas kotak
1/2 sendok teh garam
100 gram sagu mutiara, direbus
150 grm cincau hitam, dipangkas kotak

Cara mudah membuat kolak angsle:

Rebus kacang hijau dg santan, daun pandan, & kayumanis sampai matang. Masukkan singkong. Rebuslah sampai matang. Masukkan gula pasir, pisang, nangka, garam, sagu mutiara, & cincau hitam. Masak hingga mendidih. Unt 10 porsi.

Resep kolak tepung ketan

cara membuat kolak tepung ketanBahan yang digunakan untuk membuat kolak tepung ketang adalah tepung beras ketan, tepung kanji, & beberapa iringan lainnya yang akan menghasilkan hasil kolak yg berbeda. Resep atau cara membuat ini sangat mudah, hingga hendak memudahkan anda untuk membuatnya sendiri di rumah masing-masing unt sajian buka puasa anda bersama keluarga.


Bahan-bahannya:

• 1 1/4 c ( 200 grm ) Tepung beras ketan
• ¾ C ( 125 gram ) Tepung kanji ( Tapioca )
• 1/3 cup (100 ml ) Air
• 1/2 sdt Garam
• 1 sendok makan Air kapur / 1 sendok teg baking soda + 1 sdt cream of tartar ( 3 daun pandan )

Bahan Kuah:

• 1 cup ( 250 grm ) Gula merah, sisir atau Brown sugar
• 1 sdt Tepung ketan
• 1 cup (250 ml ) Santan kental
• 3 cup ( 750 ml ) Air
• 1 sdt Vanila extract atau Daun pandan extract

Bagaimana cara membuat kolak tepung ketan

Kolak atau uleni tepung ketan, tepung kanji, garam, air kapur ( 1 sdt baking soda + 1 sdt cream of tartar ) & air sehingga halus & dapat dipulung. Bulatkan adonan sebesar kelereng agak lonjong lakukan hingga semua adonan habis. Sisihkan dan tutup dengan plastik. Rebuslah 4 cup (1000 ml) air sehingga mendidih, lalu masukkanlah adonan yang telah dibentuk kedalam rebusan air satu persatu hingga terapung.

Cara Membuat Kuahnya

Rebuslah gula merah, air dan Vanila extract / daun pandan extract (3 daun pandan) sampai gula larut, angkat & saring. Rebuslah kembali larutan gula, lalu pindahkan biji salak dalam rebusan gula, kecilkan api, masak sehingga meresap. Jika hendak diangkat, larutkan tepung ketan dg sedikit air, kemudian masukkan dalam larutan gula. Aduk sehingga mengental, terakhir tambahkan santan kental, / dapat pula ditambahkan pada waktu menghidangkan.

Resep Mudah Kolak Singkong

Resep Kolak Singkong tak kalah menariknya untuk kita coba untuk sajian berbuka puasa / takjil laksana halnya kolak apel dan kolak biji tepung ketan di atas. Kolak Singkong ini tak asing lagi untuk sebagian orang, tapi meskipun begitu tetap saja tidak untuk yg belum ngerti terlebih tdk bisa membuatnya. Tdk ada yang sulit untuk membuat kolak singkong ini, bahan-bahannya juga sangat mudah di dapatkan. Cukup dg singkong, gula merah, santan, dan pengiring lainnya kamu telah bisa membuatnya sendiri dirumah masing-masing. Berikut Resep atau cara membuat Kolak Singkong selengkapnya.

Kolak Singkong untuk buka puasa

bahan-bahan Kolak Singkong

1 kg singkong (kwalitas bagus)
gula merah, 2 ons
gula putih, 2 ons
daun pandan, 2 lembar
2 ml air santan
2 gelas air putih
Cara mudah membuatnya:

pertama, bersihkanlah singkong, kupas kulitnya, lalu cuci. Rebuslah gula merah, kemudian saring. Sisihkan. Rebuslah singkong bareng gula merah cair yang tadi kita buat. Sesudah singkong kelihatan setengah matang, masukan santan, gula putih dan daun pandan. Aduk-aduk sehingga rata. Masak hingga singkong lembut & matang.

mudahkan?

Resep atau cara membuat Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Sepintas Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu hampir sama dengan Kolak Tepung Ketan, cuma saja bahan dasarnya yang berlainan. Di lihat dari namanya saja "kolak biji salak ubi ungu" telah tentu bahwa ini berbahan dasar ubi ungu, sedangkan kolak biji salak tepung ketan, ya sudah tentu berbahan dasar tepung ketan. Nah, dimanakah letak perbedaan dan kesamaan lainnya, simak saja lengkap Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu seperti berikut di bawah ini.
resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu

bahan-bahannya, siapkan!

250 grm ubi ungu kukus, haluskan
100 grm tepung sagu
1/2 sendok teh garam
2 sendok teh air
Bahan Saus:
1.000 ml air
200 grm gula merah, sisir
2 lembar daun pandan, ikat
1 sendok teh garam
15 gram tepung sagu & 80 ml air, larutkan

Bahan Kolak Biji Salak Ubi Ungu

Saus Santan:
300 ml air santan, dari 1/4 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Cara mudah membuatnya:

Campur ubi, tepung sagu, garam, dan air. Aduk rata. Bentuk bola kecil pipihkan sedikit. Sisihkan. Saus, rebuslah air & gula merah sampai larut. Saring. Masukkanlah daun pandan dan garam. Masak hingga mendidih.

Masukkan bola-bola ubi. Masak sampai terapung. Kentalkan dg tepung sagu. Masak hingga meletup-letup & kental. Saus santan, rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Sajikan biji salak bersama saus santan. Unt 6 porsi. 

berani mencoba?

Resep kolak apel

Resep atau cara membuat kolak apel untuk anda coba sajikan di tengah keluarga anda sekalian. Bahan-bahannya cukup sederhana, bahkan tips pembuatannya pun tdk begitu sulit. Yeah berikut di bawah ini Resep atau cara membuat kolak apel selengkapnya.

resep menu buka puasa

cara membuat kolak apel

bahan-bahannya

4 buah Apel malang
250 gr gula aren
20 gr santan
Gula pasir sepertinya,
Garam sepertinya,
2 cm jahe & air
Cara membuat:

Bersihkan apel dari kulitnya. Potong apel wujud dadu. Rebuslah apel yang sudah dipangkas bersama gula pasir. Sesudah beberapa saat, masukkan gula aren & garam. Campurkan dg santan. Aduk-aduk hingga rata. Usahakan santan tdk pecah. Sajikan hangat / dingin.

mudah ya? mungkin bisa dicoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »