Tetap Bugar, Sehat, dan Cantik Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat dan Cantik Saat Puasa - Alhamdulillah. Ketika artikel ini ditulis, bulan sya’ban sudah masuk. Di ujung sya’ban pintu Ramadhan lalu akan terbuka. Dan kita mau tidak mau, suka tidak suka akan memasuki, melewati pintu itu, menjalani hari-hari yang mungkin akan berbeda ketimbang hari-hari biasanya. Sebagai Muslim, tentu kita suka dengan Ramadhan. Bulan penuh berkah, bulan ampunan, bulan pembakaran dosa-dosa kita. Sebulan penuh kita akan berpuasa (kecauli jika pada bulan itu anda mengalami menstruasi atau nifas).

Selama berpuasa, kita tentu saja tetap harus memperhatikan kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Puasa sendiri sebenarnya melatih kita untuk berperilaku hidup sehat, dan dapat membuat orang bertambah sehat, bukan sebaliknya. Tapi ada, bahkan mungkin cukup banyak, orang yang berpuasa tapi ia justru membuat kesehatannya menurun. Kalau itu yang terjadi, pasti ada yang salah, ada yang harus diperbaiki. Anda bisa membaca tulisan tentang Menu Makan Rendah Garam yang cocok diterapkan agar puasa dapat membuat tubuh anda sehat. - Agar Puasa Tidak Lemas

Puasa itu menyehatkan

sehat | puasa

Anda sering dengar ungkapan itu: Puasa itu Menyehatkan. Secara ilmiah memang begitu. Anda tahu, bahwa dalam satu periode tertentu, tubuh kita butuh waktu untuk melakukan proses pembersihan agar seluruh organ‐organ tubuh. Tujuannya adalah agar tubuh dapat bekerja dengan lebih maksimal dan menyingkirkan bahan‐bahan berbahaya yang bisa kapan saja masuk ke dalam tubuh kita baik lewat makanan, minuman, atau bahkan udara kita hirup.

Detoksifikasi, demikian nama proses pembersihan tersebut. Detoksifikasi melalui puasa adalah gratis dan alami, dapat pahala pula. Tapi agar detoksifikasi dapat hasil yang baik, mesti didukung dengan perilaku dan sikap kita selama ramadhan. Di antaranya adalah perilau kita terhadap makanan.

Sehat dan Cantik Selama Ramadhan

Agar tetap sehat dan cantik selama Ramadhan itu sebenarnya mudah, meski tidak semua orang bisa menerapkannya karena beberapa hal, di antara yang utama adalah kemasalasan dan masa bodoh.

Saya akan memberikan beberapa tips dan kiat praktis untuk mengatasi beberapa keluhan seputar kecantikan dan kesehatan selama berpuasa, di antaranya bau mulut, kulit kering, tubuh lemas (tidak bersemangat), dan mata sayu.

Tips Mengatasi kulit Kering Saat Berpuasa

Kulit kering saat berpuasa sebenarnya satu hal yang wajar dan alamiah. Sebab, kulit yang kering di antaranya disebabkan karena asupan yang kita konsumsi berkurang. Ketika hari-hari biasa, kulit kita normal karena kit abisa makan dan minum kapan saja. Tapi mana bisa itu dilakukan saat berpuasa. Sebenarnya bisa, sebab soal jadwal makan puasa, hanya berganti saja waktunya.

Begini cara mengatasi kulit kering selagi berpuasa: Pertama, anda harus ingat bahwa dalam sehari minimal kita mengonsumsi 2 liter air atau sekitar 8 gelas. Maka tinggal anda bagi dua. Sahar 4 gelas, buka sampai sebelum tidur 4 gelas. Kekurangan air dapat menyebabkan kulit kering. Kedua, konsumsi buah dan sayur. Ketika sahur dan buka, anda dapat mengonsumsi buah. Khasiat buah yang mengandung banyak mineral dan vitamin yaitu dapat mencegah kulit kering dan kulit kusam. Ketiga, jika anda punya lip balm, itu bisa dibawa untuk dioleskan dibibir anda agar tidak pecah-pecah. Jika tidak, saya kira anda dapat mengantisipasinya dengan makan sayur dan buah saat sahur .

Vitamin A untuk Mengatasi Mata Sayu

Dulu, ketika kita masih anak-anak kita belajar tentang jenis-jenis vitamin dan manfaatnya bagi tubuh. Ada banyak sekali buah mengandung vitamin yang masam-macam. Untuk mengatasi mata sayu saat puasa, kita bisa memperbanyak mongonsimi vitamin A. Selain itu tidurlah yang cukup. Dan jika mata anda merah dan lelah, maka anda bisa menggunakan obat tetes mata, meski penggunaan obat ini hukumnya makruh karena kita akan merasaan pahit di tenggorokan.  Selain obat, kita bisa mengompres mata kita dengan es.

Hilangkan Bau Mulut dengan Obat Kumur

Sebagaimana sikat gigi saat berpuasa, penggunaan obat kumur ini mungkin hukumnya makruh ya. Makruh adalah sesuau yang apabila kita kerjakan kita tidak berdosa, tetapi jika kita meninggalkannya maka kita dapat pahala. Berpuasa yang sempurna adalah dengan menghindari perbuatan yang haram, juga yang makruh. Nah, soal bau mulut yang timbul saat berpuasa sebenarnya wajar dan normal, artis paling cantik pun pasti mengalaminya. Kalau anda ingin menghilangkan bau mulut, anda bisa menggunakan obat kumur dan pilihlah yang rasa mint. Gunakan jika anda memerlukannya saja, misal saat ada acara penting agar anda tetap percaya diri. Jika tidak benar-benar penting, menurut saya dinikmati saja.

Jika anda ingin puasa anda sempurna tanpa mengerjakan hal yang makruh, dan ingin mulut anda tetap segar, anda bisa kok mengonsumsi buah seperi apel, wortel atau bengkuang saat sahur. Buah-buah itu konon dapat mencegah lebih lama datangnya bau mulut.

Tetap Semangat dengan Menu Sahur dan Buka yang Baik

tips sehat saat puasaPuasa badan terasa lemas. Bisa diatasi dengan cara memilih menu makanan yang baik saat sahur dan buka. Makan yang banyak belum tentu dapat membuat anda semangat, tetapi makanan yang berkualitas dapat membuat tubuh anda tetap bugar dan sehat. Saran-saran di atas, seperti minum yang cukup, buah dan sayur penting untuk dipertimbangkan agar anda tetap semangat di siang hari. Kebanyakan tidur justru akan membuat tubuh anda lemas. Pilihlah waktu tidur yang pas, yaitu sehabis dhuhur, bukan setelah sahur. Selebihnya, anda dapat menerapkannya. Berlatih dan berlatih, dan anggaplah bahwa anda sedang menjalani hari-hari seperti biasa.

Itulah tadi beberapa tips untuk tetap cantik dan sehat selama puasa ramadhan. Tips tersebut sebenarnya bisa diterapkan bukan hanya ketika pausa ramadhan, tetapi pada puasa-puasa yang lain seperti puasa senin kamis atau puasa Daud.

Semoga dapat bermanfaat. Oya, bagi anda yang hamil atau sedang menyusui, silahkan baca Kiat dan Tips Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui, Gratis jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 1435 H .

Salam cantik sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »