Cari Tahu Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kulit Kering - Untuk bisa mengatasi sesuatu terlebih dulu kita mesti tahu apa penyebabnya. Termasuk juga dalam hal mengatasi kulit kering dan kusam. Kita mesti tahu dulu apa penyebab yang membuat kulit kita menjadi kering sehingga kita dapat mencarikan solusi yang tepat dan aman. Kalau sampai salah, jangankan kulit kita menjadi sembuh dan lembab, yang terjadi justru bisa membuat kulit kita tambah kering. Payah bukan?

Anda belum tahu apa jenis kulit anda? Silahkan baca Ciri-ciri Kulit Berminyak, Normal dan Kering

Maka dari itu, sebelum nanti dijelaskan tentang bagaimana cara mengatasi kulit kering, yuk kita cari tahu dulu apa yang membuat atau penyebab kulit kulit kering

Cari Tahu Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

tips mengatasi kulit kering

Berikut adalah beberapa penyebab kulit seseorang menjadi kering

Cuaca atau suhu yang tidak bersahabat.

Kulit kering bisa disebabkan karena. Cuaca atau suhu udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik, demikian pula cuaca atau suhu yang terlalu panas bisa menjadikan kulit kita yang tadinya lembab menjadi kering.

Kulit kering karena mandi air panas.

Mungkin bukan mandi air panas, yang lebih tepat adalah mandi air hangat. Kalau mandi air panas ya kulit kita bukan kering lagi, tapi gosong. Hehe.. Emang enak sih mandi air hangat, tapi akibat terlalu sering mandi memakai air hangat menjadikan kulit menjadi kering.

Kulit Kering faktor keturunan atau genetika

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh kelenjar kelenjar keringat yang aktif, ini adalah alamiah, yaitu karena pengaruh genetika atau kerurunan.

Karena berat badan

Tahukan anda, bahwa berat badan yang tidak wajr juga dapat menyebabkan kulit seseorang menjadi kering. Karena itu jaga berat badan agar tetap seimbang biar mendapatkan kulit yang lembab.
Karena kulit kronis seperti eksim dan psoriasis

Kulit kering karena bawaan penyakit

Beberapa penyakit yang dapat membuat kulit seseorang menjadi kering di di antaranya adalah penyakit kronis, seperti diabetes. Bukan hanya kering, diabetes juga dapat menyebabkan kulit menjadi teriritasi.

Karena obat

Jika anda menggunakan obat obat resep seperti diuretik dan antihistamin, itu juga bisa membuat kulit anda menjadi kering.

Memang, Kulit kering dan bersisih menjadi masalah yang wajar yang banyak dikeluhkan kaum perempuan. Anda sudah tahu penyebab kulit kering sebagaimana di atas. Sekarang, tinggal bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya. Jika kulit kering anda disebabkan karena anda menggunakan obat, maka untuk mengatasinya adalah hindari obat-obatan yang dapat membuat kuli tkering. Demikian juga jika kulit anda kering karena suhu udara, dan sebagainya.

Tapi secara umum cara agar kulit cantik dan dapat mengatasi kulit kering , termasuk juga mengatasi tumit kaki tumit pecah-pecah, adalah sebagai berikut. Ini Cuma saran saja ya:

  • Anda dapat melembabkan kulit anda dengan cara menggunakan pelembab setelah mandi
  • Cara menangkal tumit pecah-pecah bahkan mengelupas, mungkin anda bisa memakai krim spesial untuk tumit pecah-pecah. Ada kok di toko, Tanya saja sama penjualnya.
  • Anda dapat mengatasi kulit kering dengan nemambahkan sedikit minyak pada tubuh atau dalam bak mandi kamu.  Lebih bagus lagi minyak zaitun. Kenapa minyak? Karena minyak bisa memberi akibat tenang pada kulit dan mengunci supaya kulit anda tetap lembab sampai lama.
  • Untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah, pakailah sepatu yang empuk dan nyaman. Ini berguna untuk melindungi kaki kamu setiap waktu. Ingat, jangan memakai kaus kaki berbahan nilon dan rayon, karena zat tersebut bisa menjadikan kekeringan pada kulit. Cucilah kaos kaki anda seminggu sekali ya, biar tidak bau. Hehe..
  • Sebelum tidur, rendam kaki Anda dalam air yang sudah dicampur minyak mineral dan air hangat. Sepuluh menit saja cukup. Kalau perlu dipijat secara perlahan biar tumit anda rileks. 

Selain cara untuk Cara Merawat Kulit Kering Secara Alami tersebut, anda juga dapat mengaplikasikan beberapa obat mengatasi kulit kering yang bisa anda racik sendiri.

Ya, anda dapat membuat body lotion dari bahan alami. Hem, kalau mau tidak repot ya beli saja di Toko. Tapi kan kualitas dan harganya belum tentu bagus untuk kulit dan kantong anda.

Kalau buat sendiri, caranya juga gampang. Ini ada petunjuknya dari situs Dreamersadio.com

Membuat Lotion dari Yogurt

Campurkan satu (1) cangkir susu segar dengan plain yogurt segar untuk menjadikan lotion sendiri dalam sebuah wadah mangkuk. Campur hingga merata & lalu simpan dalam lemari es. Sebelum mandi, gunakan ramuan ini pada bagian kulit yang kering. Sesudah setengah jam bilas tubuh dengan air. Menggunakan ramuan lotion alami ini rutin sebelum mandi dapat menolong mendapatkan kulit kenyal & halus.

Membuat Lotion dari Alpukat


Alpukat, buah bagus yang kaya hendak manfaat. Kandungan minyak alami pada alpukat bisa mengatasi masalah kulit kering. Metodenya mudah cukup dengan mencampur alpukat yang telah ditumbuk halus dengan secangkir susu dalam mangkuk hingga kental. Lalu oleskan ramuan ini pada kulit badan & diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air hangat. Gunakan bahan ini minimal 3 kali dala, seminggu untuk

Lotion untuk kulit kering dari minyak zaitun


Kalau kulitmu kering dan sensitif, cobalah pakai lotion pelembab alami yang dapat anda buat sendiri. Cara membuatnya dengan mencampurkan ¾ cangkir susu, krim segar dan minyak zaitun sampai terjadi perubahan warna dan agak kental. Apliasikan sebagai body lotion dua hari sekali untuk menjadikan kulit menjadi lembut & kenyal.

Membuat Lotion dari Keju


Keju adalah salah satu (1) zat lembut yang bagus untuk mengatasi problem kulit kering dan dapat membantu menjadikan kulit bercahaya. Metodenya buat pasta keju dengan mencampurkan setengah cangkir keju parut & susu hingga mengental. Sesudah itu oleskanlah ramuan pelembab itu pada kulit kering. Diamkan selama 1 jam, sesudah itu bilas dengan air hangat.

Membuat Lotion dari Susu


Caranya sangat mudah! Resep atau cara membuat body lotion ini cukup diaplikasikan dua (2) kali dalam seminggu untuk mengatasi problem kulit kering. Metodenya cukup dengan mencampurkan secangkir susu dengan satu sendok tepung dan satu (1) sendok krim segar. Lalu aduk rata hingga bertekstur seperti pasta. Aplikasikan ramuan ini 30 menit sebelum mandi.

Membuat Lotion dari Selada


Siapa sangka daun selada tak hanya dipakai sebagai zat makanan atau menu yang bagus untuk diet, tapi pula dapat atasi problem kulit kering dan gatal. Lotion alami dari zat selada bisa dibuat dengan mencampur selada kering yang telah ditumbuk dengan empat (4) sendok susu. Aduk hingga mengental dan sesudah itu ramuan tersebut bisa dioleskan pada badan biarkan dalam waktu 20 menit lalu bilas.

Itulah beberapa cara dan ramuan agar kulit tidak kering dan pecah-pecah. semoga bermanfaat.

baca juga: Tips Memilih Krim Wajah Sesuai Jenis Kulit - Salam Cantik Sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »