Persiapan Kehamilan dengan Pola Hidup Sehat

Persiapan Kehamilan - Sebelum kehamilan terjadi, ada baiknya Anda melakukan pola hidup sehat dan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ini dimaksudkan untuk menjaga kesuburan diri Anda dan pasangan. Selain itu, melakukan pola hidup sehat dan menjaga asupan nutrisi juga berguna untuk mempersiapkan terjadinya kehamilan yang sehat.

Apa yang dimaksud pola hidup sehat? Pola hidup sehat yang perlu Anda lakukan adalah menghindari hal-hal yang dapat membahayakan kehamilan dan kesehatan diri Anda sendiri. Yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah rokok dan alkohol. untuk itu kita perlu melatih diri untuk menjaga pola hidup sehat agar mendapat hamil sehat.

Rokok mengandung ribuan zat kimia dan beracun, antara lain karbon monoksida (CO), sianida, dan nikotin. Merokok dapat berpengaruh pada kesuburan dan zat-zat beracunnya dapat merusak sperma serta bisa menyebabkan kemandulan. Adapun pengaruhnya pada janin, zat-zat beracun tersebut bisa mengakibatkan janin kekurangan oksigen (0) dan kekurangan asupan makanan yang bergizi sehingga pada akhirnya dapat mengakibatkan kecacatan.

Persiapan Kehamilan dengan Pola Hidup Sehat

persiapan kehamilan

Alkohol pun mempunyai pengaruh yang buruk pada kandungan. Alkohol yang terbawa masuk ke dalam janin melalui aliran darah bisa mengakibatkan bayi mengalami keterbelakangan mental.

Menjaga asupan nutrisi

Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh talon ibu mutlak dilakukan. Bahkan, akan lebih baik jika dilakukan jauh-jauh hari sebelum Anda hamil, tidak hanya Anda saja yang perlu menjaga asupan nutrisi, tetapi pasangan Anda juga. Yang paling penting makanan makanan yang sehat dan aturlah menu sedemikian rupa agar seimbang kandungan nutrisinya. Pilihlah makanan yang mengandung banyak protein, mineral, dan vitamin. Zat-zat makanan tersebut banyak terkandung pada sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Utamakan makan sayur buah menjadi gaya hidup Anda. Makanlah setiap hari sampai dengan lima kali dalam sehari. Jangan ragu dengan segala macam buah dan sayuran, termasuk sayur mentah, asalkan sayuran mentah tersebut sudah dicuci hingga bersih dan tidak mengandung pestisida.

Konsumsilah makanan yang mengandung cukup zat protein. Jumlah kebutuhan protein yang direkomendasikan mencapai 35% dari yang Anda makan. Sebisa mungkin pilihlah protein yang berasal dari hewan air. Protein ini lebih baik daripada protein yang berasal dari hewan darat. Saat ini, udang lobster dan ikan tuna menjadi tren dan dipercaya bisa memperbaiki kualitas otak sang bayi.

Jangan lupa perhatikan kesegaran makanan yang Anda makan. Makanlah makanan yang segar dan diolah dengan benar agar zat-zat gizi di dalamnya tidak rusak. Selain itu, hindari makanan yang berpengawet, mengandung MSG, dan makanan yang diperkirakan mengandung zat-zat berbahaya (misalnya, ikan dari laut yang tercemar). Makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori Anda sehingga akan membantu menjaga berat badan Anda ideal.

Olah Raga Sebelum Hamil

Untuk olahraga, biasakanlah mencari kegiatan yang bersifat mengeluarkan keringat setiap satu Minggu 2-3 kali. Berenang merupakan pilihan yang baik dan bisa Anda lakukan. Gerakan-gerakan dalam renang akan membuat seluruh organ tubuh bergerak. Olahraga lain yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, lari ringan, atau jalan cepat (bukan jalan santai) akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Bila tidak mungkin melakukan olahraga yang memerlukan tempat dan waktu, lakukan olahraga yang praktis, misalnya treadmill di malam hari, skipping di malam hari atau siang hari sehingga badan menjadi berkeringat dan bugar. Dengan demikian, kesehatan dan kebugaran tubuh akan sangat membantu dalam merencanakan kehamilan sehat dan kelahiran anak.

Baca juga Khasiat, Manfaat, dan Kandungan Temu Lawak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Artikel persiapan hamil dengan pola hamil sehat ini disarikan dari Panduan Super Lengkap Hamil Sehat terbitan Penerbit Plus. Lebih lengkap silahkan beli bukunya ya. Bantu promosi. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »