Jenis dan Model Jilbab Yang Jarang Diketahui

Jenis Jilbab - Sebelumnya sudah diposting tulisan tentang jenis-jenis jilbab dari berbagai penjuru dunia. Sebagaimana janji saya, ini adalah artikel kelanjutannya. Ya, anda tentu saja perlu membaca artikel sebelumnya tersebut.

Dan berikut adalah jenis-jenis jilbab yang lain. Yaitu, Jilbab Dupatta, jilbab, hijab, kerudung, khimar, mukena, niqab, paranja, selendang, dan tudung. Itulah berbagai jenis jilbab.

Mungkin, sebagian hanya soal nama, sementara bentuk dan modelnya sama. Betul sekali. Penjelasan lengkap mengenai jenis jilbab atau kerudung dipaparkan secara lengkap oleh Muslimah Cantik Sehat, sebagai berikut:

jenis jilbab

Jenis dan Model Jilbab Dunia


Dupatta

Sebagaimana disampaikan ensiklopedia Wikipedia, bahwa Dupatta adalah jilbab yang terkenal di Pakistan. Jilbab jenis Dupatta yaitu semacam kain berwarna besar yang terbuat dari kain ringan yang menutupi bagian kepala dan bahu. Jilbab dupatta bentuknya seperti tiga potong set dengan warna dan pola yang disesuaiakan dengan celana dan kemeja. Anda tahu, jilbab jenis ini juga dipakai oleh umat Hindu.

Gambar jilba dupatta ada di atas itu ya. 

model hijab modern

Jilbab dan Hijab

Apa bedanya jilbab dan hijab? Apa pengertian hijab, dan apa pengertian jilbab? Hijab adalah istilah yang sudah digunakan dalam Al-Qur'an maupun sunnah, tetapi jilbab tidak ada. Jilbab adalah istilah baru yang sering disamakan dengan hijab. Hijab lebih luas, meliputi pakaian. Istilah hijab digunakan dalam Al-Qur'an (Suratu l-Ahzab, Ayat 59) untuk merujuk pada pakaian luar. Tetapi makna jilbab lebih sempit. Di indonesia jilbab sering diartikan sebagai kain yang menutupi kepala dan juga dada.

Kadang-kadang jilbab bisa berupa kain persegi yang dilipat menjadi segitiga kemudian ditempatkan di atas kepala dan diikat di bawah dagu. Hem, ini Cuma menyangkut soal gaya yang umum, terutama di negara barat.

jenis kerudung modern terbaru
Kerudung

Kerudung hanya dapat ditemukan dalam istilah indonesia. Di malaysia kerudung disamakan dengan tudung. Model kerudung sendiri berbeda-beda. Di negeri indonesia, kerudung biasanya berupa kain segi empat yang dilipat, atau kain selendang yang biasa digunakan bersama kebaya.





model khimar modern Khimar

Istilah khimar, seturut Wikipedia, muncul dalam Al-Qur'an Surat n-Nur, Aya 31. Khimar ini digunakan untuk menyebut kata jilbab atau hijab yang lebih lebih sering digunakan dengan arti sama.

Ada jenis khimar yang menutupi kepala, melingkar dengan lubang yang cocok untuk wajah, yang biasanya turun ke pinggang. Silahkan anda lihat kembali model buknuk dan chador yang sudah ditulis di artikel sebelumnya yang merupakan gaya yang sama, hanya berbeda panjangnya.

Mukena

Siapapun tahu, mukena adalah jenis jilbab yang biasa dipakai dalam sholat. Dulu, mukena seringnya terdiri dari dominasi warna, putih, hitam, atau pastel. Tapi sekarang, seiring perkembangan jaman, muncul warna-warana mukena yang variatif. 
jenis jilbab - model mukena
niqab - jenis jilbab
Niqaab

Jenis jilbab jiqaab yakni jenis jilbab yang berupa sebuah kerudung yang menutupi wajah dan seluruh kepala tetapi dengan tempat cocok untuk mata. Ada pula niqaab yang berupa kerudung yang diikat di antara hidung dan jatuh menutupi wajah bagian bawah. Niqab jenis ini sering disebut ‘setengah niqab’

jenis jilbab paranja
Paranja

Apa itu paranja? Yaitu, jenis pakaian tradisional dari Asia Tengah. Pakaian ini menutupi kepala dan tubuh bagian luar, dan biasanya terbuat dari bulu kuda. Paranja biasa ditemukan di daerah Uzbek dan masyarakat Tajik. Pakaian ini mirip dengan gaya dan fungsi pakaian masyarakat Afghanistan .

jenis jilbab selendang modern



Selendang

Selendang juga sering digunakan untuk penutup kepala atau jilbab. Di indonesia, ada baju kebaya yang tidak lengkap jika tidak ditambah dengan selendang. Selendang ini juga bisa digunakan untuk selempang bahu, dan dapat diikatkan pada bahu untuk membawa bayi dan bahan makanan.

Demikian sekilas tulisan dan gambar Jenis dan Model Jilbab Yang Jarang Diketahui. Mungkin masih ada jenis jilbab yang belum disebutkan. Silahkan anda menambahkan. Oya, apakah anda sudah membaca dan melihat-lihat gambar di artikel: Jenis dan Model Jilbab Cantik. Jika belum, sempatkanlah untuk menengok. Ada banyak model jilbab keren dan cantik di sana. 

Terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »