Pembahasan Lengkap Mitos Pantangan Makanan Ibu Hamil

Mitos Ibu Hamil mencari perbincangan yang tidak pernah hilang selama berpuluh-puluh tahun. Sangat mitos kehamilan yang berkembang. Meski hanya sekadar mitos, toh banyak juga yang mempercayainya dan menganggap sebagai sesuatu yang gaib dan dapat nyata kebenaranya.

Sebenarnya mitos adalah sesuatu yang berkembang di masyarakat yang disampaikan secara turun temurun, dari mulut ke mulut. Tahulah kita, dulu blum ada teknologi, peneletian-penelitian ilmiah, atau laboratorium. Untuk membuktikan suatu kejadian dengan kejadian lain, digunakanlah ilmu yang dalam istilah jawa di sebut gathuk-mathuk, pencocokan dan pengepasan. Begitu pula terkait dengan mitos kehamilan.

Pembahasan Lengkap Mitos Seputar Kehamilan


Kalau toh memang ternyata, setelah dibuktikan secara ilmiah, bahwa apa yang dulu dianggap mitos saat hamil ternyata benar, maka artinya ia bukan mitos lagi. Tapi kebenaran tersebut, adalah faktor kebetulan. Yang namanya kebetulan, ya kebetulan, sering tidak betulnya, alias sering salahnya.

Tinggal bagaimana anda, apakah akan percaya dengan mitos atau tidak. Nah, kali ini Sahabat Muslimah Cantikakan membincang seputar mitos kehamilan yang terkait dengan makanan.

Saya sangat paham, ibu hamil memang harus hati-hati dalam memilih makanan. Salah-salah memilih makanan. Justru dapat berakibat fatal. Tapi kalau sedikit-sedikit dilarang, tidak boleh, makan ini dapat menyebabkan bayi begitu, begitu, dan sebagainya, tentu sedih juga rasanya. Padahal belum tentu larangan-larangan tersebut dibenarkan secara medis. Adakalah larangan memakan sesuatu justru ternyata secara medis dianjurkan, ini kan jadi merugikan ibu hamil, dan anak dalam kandungan.

baca juga:

Sebab, Akibat, Obat Mengatasi Diare Ibu Hamil
Penyabab, dan Solusi Tepat Ibu Hamil Susah BAB

Maka, mari ketahui mitos-mitos seputar makanan bagi ibu hamil berikut. 
mitos kehamilan seputar makanan

Mitos Makanan Kehamilan


1. Larangan Ibu Hamil Minum Es

air es bagi ibu hamilSiang-siang, panas menyengat, minum es the nikmat sekali ya? Tapi konon ada yang mengatakan kalau minum es saat hamil itu tidak boleh? Apa benar? Katanya es dapat menyebabkan bayi menjadi besar dan nanti menjadi sulit melahirkan.

Tidak. Besar kecil bayi tidak dipengaruhi oleh es, tapi oleh asupan makanan ibu hamil. Jadi tidak benar jika es dapat menyebabkan bayi menjadi besar.

Kalau minum es yang ditambahi gula, atau pemanis baru dapat menyebabkan bai menjadi besar, atau naik berat badannya. Nah, es saja kan tidak enak. Bisa bikin flue pula. Boleh sih minum, tapi jangan sering-sering, apalagi ditambahi gula.

2. Agar Bayi Punya rambut lebat, Minumlah Kepala Hijau


manfaat air kelapa bagi ibu hamilApa manfaat kelapa hijau bagi ibu hamil? Benarkan kepala, eh kelapa hijau dapat menyebabkan rambut bayi lebat? Secara medis, tidak ada hubungannya rambut kepala lebat dengan kelapa hijau. Rambut lebat adalah factor genetic orang tua yang menurun pada anak.

Tapi, kelapa hijau baik bagi ibu hamil, jadi tidak ada salahnya dikonsumsi. Air kelapa mengandung elektrolit yang baik untuk mengatasi kekurangan cairan, dan menangkal mual-mual saat hamil awal. Kepala juga bisa mencegah perut kembung lho.

Seger kan minum air kelapa siang-siang. Tanpa es yang dicampur gula juga sudah seger. Sehat pula.

3. Jenis Kelamin Bayi dan Kesukaan Ibu Hamil 

Konon, jika ibu hamil suka yang manis-manis maka bayi yang lahir adalah Perempuan, dan jika ibu hamil suka asal-asam maka ia sedang mengandung anak laki-laki.

Anda tahu bahwa konon itu hanyalah sekadar konon, tidak benar adanya. Jenis kelamin tidak ada hubungannya dengan ngidam ibu hamil. Lebih ilmiah jika anda mendeteksi jenis kelamin bayi lewat USG. Biasanya, jika menurut dokter bayi tersebut laki-laki maka, akan lahir laki-laki. Tapi jika bayi itu perempuan, maka ada kemungkinan bayi itu perempuan atau laki-laki karena “itunya” tidak tampak. Tapi tetap, USG bukan segalanya. Jenis kelamin bayi tetap misteri.

4. Bentuk Kehamilan Menandai Jenis Kelamin Bayi

Ini hampir sama dengan mitos di atas. Ada mitos yang mengatakan jika bentuk perut ibu hamil bulat maka bayi yang lahir adalah perempuan. Jika bentuknya lancip maka bayinya perempuan. Ini tidak benar.

Jenis kelamin bayi tidak bisa dilihat oleh bentuk perut ibu hamil. Anda sih boleh berharap, tapi Tuhanlah yang menentukan.

5. Ibu Hamil Harus Makan yang Banyak. 

Itu tidak benar. Yang benar adalah ibu hamil penting untuk memperhatikan pola makan dan apa yang ia makan, namun tetap ia tidak boleh berlebihan. Ya, semua yang berlebihan itu tidak diperbolehkan. Berbahaya. Termasuk, makan berlebihan, makan yang tidak sesuai dengan porsinya.

Mengontrol makanan adalah penting. Jika kurang makan, bayi bisa lahir kecil dan tidak sehat. Jika kebanyakan, bayi bisa memiliki badan yang besar sehingga dapat mengalami masalah saat persalinan. Yang pas saja. Konsultasikan ini dengan dokter anda.

6. Ibu hamil tidak boleh makan sambal

sambal bagi ibu hamilApakah benar, Ibu hamil tidak boleh makan sambal? Apa pengaruh makan sambal bagi ibu hamil? Ada yang mengatakan, makan sambal dapat menyebabkan mata bayi pedas dan ketika lahir akan ada kotoran seperti saat anda bangun tidur. Ada juga yang bilang makan sambal bagi ibu hamil dapat menyebabkan bayi jadi botak saat lahir.

Yang pertama saya tidak tahu, belum pernah membuktikan. Tapi untuk yang kedua, anda mesti ingat bahwa rambut bayi tidak tergantung pada apakah ibunya makan sambal atau tidak saat hamil. Rambut bayi, lebat atau tidak, tergantung bagaimana genetik orangtuanya. Jadi, rambal tidak ada hubungannya dengan rambut.

Lalu kenapa banyak orang tua bilang, ibu hamil tidak boleh makan sambal. Bukan karena rambut bayi, tapi lebih dikarenakan sambal dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Kalau sudah diare kan repot. Tentang sebab dan obat diare bagi ibu hamil, silahkan baca: Obat diare bagi ibu hamil

7. Ibu hamil tidak boleh makan kacang tanah. 

Apakah ibu hamil tidak boleh makan kacang tanah? Apakah kacang tanah berbahaya bagi ibu hamil? Siapa bilang begitu? Orang tua anda, atau dokter. Jika dokter yang mengatakan, pastilah akan didasari pada teori medis. Tapi jika yang mengatakan adalah orang awam, maka itu hanyalah sekadar mitos.

Jadi ibu hamil tidak boleh makan kacang hanya mitos? Ya. Anda tahu, kacang tanah kaya akan protein nabati, lemak, mineral, dan vitamin dan mineral. Bukankah ibu hamil butuh nutrisi dan vitamin tersebut? Jadi, secara umum ibu hamil tidak masalah mengonsumsi kacang.

Secara khusus, memang, bagi orang yang alergi kacang tanah, makan kacang tanah dapat berbahaya. Maka, bagi ibu hamil yang alergi ya jangan makan kacang tanah, karena tidak cocok dengan tubuhnya. Alergi adalah bahaan genetika, atau keturunan. Jika anda makan kacang tanah ketika hamil, kemudian anda mengalami hal-hal tertentu, sementara anda sebenarnya bukanlah orang yang alergi kacang tanah, itu mungkin disebabkan karena janin dalam rahim anda yang memiliki energy.

Nah, jika bayi anda tidak ingin alergi kacang tanah, sebaiknya anda perkenalkan bayi anda dengan kacang tanah, pada saat usia yang tepat. Kasihan kan kalau sudah besar alergi kacang tanah. 
Jeruk Bagi Ibu Hamil dan Penyakit Kuning Bayi

Apakah ibu hamil tidak boleh makan jeruk? Pasti anda akan langsung menggeleng. Bagi ibu hamil jeruk sangat baik karena mengandung banyak nutrisi vitamin dan serat yang baik untuk mengurangi keluhan konstipasi di usia kehamilan trimester ketiga.

KAlau kemudian ada yang mengatakan bahwa makan jeruk dapat menyebabkan fungsi hati tidak sempurna, atau yang kemudian disebut penyakit kuning, itu tidak benar. Sakit kunging bayi disebabkan oleh produksi bilirubin yang meningkat, sehingga fungsi hati tidak sempurna, jadi tidak ada hubungannya dengan jeruk yang warnanya kuning. Jeruk merupakan salah satu makanan yang baik bagi ibu hamil.

8. Nanas dapat Menyebabkan Kegururan Kehamilan.

Mitos bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran adalah mitos yang cukup terkenal. Banyak orang tua melarang anaknya yang sedang hamil makan nanas. Apakah memang benar makan nanas berbahaya bagi ibu hamil? Kalau anda percaya pada medis, anda akan menemukan informasi bahwa nanas, seperti halnya jeruk, mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk ibu hamil.

Medis tidak membenarkan bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran. Namun, kalau toh anda mau berhati-hati, anggaplah anda mematuhi orangtua anda demi ketenangan hati mereka, maka ya jangan konsumsi nanas. Apalagi kalau anda ada rasa percaya dengan mitos tersebut. Sebaiknya, saran saya, hindarilah makan nanas saat hamil.

9. Ibu hamil Apakah Boleh Minum Kopi?

Ada mitos, ibu hamil tidak boleh minum kopi. Konon, nanti bayinya jadi hitam. Ini mirip seperti mitos tidak boleh makan jeruk, karena bisa mengakibatkan bayi jadi terkena penyakit kuning.

Sebagaimana juga mitos ibu hamil makan sambal yang konon dapat menyebabkan bayi botak, itu tentu bikin kita ngakak. Warna kulit bayi tidak ada hubungannya Warna kulit bayi bergantung dari warna kulit orang tuanya. Hal ini bergantung pada dengan minum kopi saat hamil. Jadi, ibu hamil diperbolehkan minum kopi, asalkan tidak berlebihan.

Ada lagi mitos yang mengatakan bahwa minum kopi dapat menyebabkan bayi punya tanda lahir berwarna kecoklatan. Hem, ini tidak benar. Alasannya sama seperti di atas. Ingat, tanda lahir, seperti tompel misalnya, bukan disebabkan kopi, tapi merupakan factor genetik ras tertentu.

*****
kata kunci:

mitos ibu hamil anak laki laki

mitos kehamilan bayi laki dan perempuan
mitos seputar kehamilan bayi laki laki
mitos dan fakta kehamilan serta melahirkan
mitos ibu hamil ga boleh potong rambut
mitos ibu hamil gak boleh potong rambut
mitos ibu hamil gak boleh tidur siang
mitos ibu hamil harus bawa gunting
mitos kehamilan di daerah jawa timur
mitos kehamilan yang mendukung pelayanan kebidanan
mitos ibu hamil menurut adat jawa
mitos pada kehamilan yang mendukung pelayanan kebidanan
mitos ibu hamil pada suku sunda

mitos seputar kehamilan persalinan dan nifas

mitos tentang kehamilan persalinan dan nifas
mitos ibu hamil tidak boleh potong rambut
mitos ibu hamil tidak boleh menjahit
mitos ibu hamil tidak boleh membunuh binatang
mitos ibu hamil yang berkaitan dengan kesehatan
mitos mitos seputar kehamilan yang bikin bingung
mitos ibu hamil dalam pandangan islam
mitos tentang persalinan kehamilan masa nifas dan bayi baru lahir
mitos ibu hamil di daerah papua
mitos dan adat istiadat jawa seputar kehamilan

makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan ke atas

makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil usia 7 bulan
makanan yang sehat untuk ibu hamil 7 bulan keatas
makanan yang harus di konsumsi ibu hamil 7 bulan
makanan yang baik untuk ibu hamil usia kandungan 7 bulan
makanan yang di anjurkan untuk ibu hamil trimester pertama
makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil trimester pertama
makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil trimester pertama
makanan yang tidak baik untuk ibu hamil trimester pertama
makanan yang baik untuk ibu hamil pada trimester pertama
makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil trimester pertama
makanan yang baik untuk ibu hamil di trimester pertama
makanan yang bagus untuk ibu hamil di trimester pertama
makanan yang harus di konsumsi ibu hamil trimester pertama
pantangan makanan dan minuman untuk ibu hamil trimester pertama

makanan yang bagus untuk ibu hamil pada trimester pertama

makanan yang di anjurkan untuk ibu hamil 8 bulan
makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil usia 8 bulan
makanan yang harus di konsumsi ibu hamil 8 bulan
makanan yang baik untuk ibu hamil pada trimester kedua
makanan yang baik untuk ibu hamil 3 bulan pertama
makanan yg baik untuk ibu hamil usia 3 bulan
makanan yang baik untuk ibu hamil usia 1-3 bulan
makanan yang baik bagi ibu hamil usia 3 bulan
makanan yang sehat untuk ibu hamil usia 3 bulan
makanan yang di anjurkan untuk ibu hamil 9 bulan
makanan yang baik untuk ibu hamil usia 9 bulan
makanan yang harus di konsumsi ibu hamil 9 bulan
makanan yang tidak baik untuk ibu hamil 1 bulan
makanan yang bagus untuk ibu hamil usia 1 bulan
makanan yg baik untuk ibu hamil usia 1 bulan
makanan yg cocok untuk ibu hamil usia 1 bulan

Itu tadi 9 Rahasia seputar mitos kehamilan menyangkut makanan ibu hamil. Pengetahun itu penting. Pengetahuan membuat orang tidak gampang dibohongi dan tidak mudah percaya pada hal-hal takhayul. Tapi semua kembali kepada anda. Kalau anda masih percaya pada mitos, anda tetap mesti waspada. Bisa jadi mitos kehamilan di atas dapat terbukti kalau anda mempercayainya. Kenapa? Sebab kejadian kadang-kadang bermula dari apa yang kita pikirkan. 

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda, khusunya yang sedang hamil. Semoga anaknya lahir sehat, selamat, dan kelak menjadi anak yang shalih-shalihah. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »