Akibat Buruk Kolesterol dan Cara Mengatasinya

Kolesterol tidak selamanya buruk bagi keehatan. Oleh karena itu tidak semua roang perlu menghindari kolesterol. Hanya orang-orang yang terbukti memiliki kadar kolesterol tinggi yang perlu untuk ekstra ketat dalam memilih bahan pangan. Sementara bagi mereka yang tidak memiliki eluhan tentang kadar kolesterol dan memiliki berat badan normal serta gemar berolahraa tidakerlu takut terhadap kolesterol.

Agar hidup kita sehat, kita memerluan enam maca zat gizi utama, yaitu karbohidrat, protein] lemak, vitamin, mineral dan air. Dengan demikian jelaslah awa lemak (termasuk di dalamnya adalah kolesterol) diperlukan oleh tubuh kita. Perlu anda ingat bawa lemak merupakan penyumbang energi terbesar di antara zat gizi lainnya. Satu gram lemak menghasilkan 9 kilo kalori energi, sedangkan satu gram karbohidrat dan protein] masing-masing hanya menghasilkan 4 kilokalori energi. Oleh karena itu berpantangan lemak tanpa diimbangi dengan konsumsi protein dan karbohidrat cukup menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah menderta sakit. Sebaliknya, jika karbohidrat, lemak, dan protein dikonsumsi melebihi kebutuhan tubuh, kadar kolesterol meningkat.

Akibat buruk kolesterol
Perlu diketahui bahwa konsumsi lemak bagi golongan lansia disarankan tidak melebihi 20 persen dari jumlah kebutuhan energi setiap harinya proporsi kandungan lemak yang rendah ini diduga lebih baik untuk kesehatan karena beresiko menderita penyakit penyubatan pembuluh dara lebih rendah. Asosiasi Jantung di Amerika Serikat menyatakan bahwa tubuh akan terasa lebih sear bila rasio lemaknya mendekati 10 persen.


Ketakutan terhadap makanan yang mengandung kolesterol dengan alasan kolesterol dapat berakumulasi di dalam pembuluh darah adalah teralaluberlebihan. Karena kenaytaannya, perngerasan dan pengapuran pembuluh darah dapat disebabkan oleh radang.

Adanya sikap orang yang takut dengan kolesterol akibat propaganda berlebihan mengakibatkan orang berpantangan terhadap makanan yang bergizi tinggi, seperti daging,telur, dan produk-produk susu. Perlu diketahui bahwa umumnya makanan yang berkolesterol rendah, kandungan gizinya juga rendah. Karena lemak juga berfungsi sebagai pelarut dan media pembawa vitamin larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K),makanan yang berkadar kolesterol rendah juga akan rendah kandungan vitaminnya, kekurangan vitamin A dan E akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Demikian Sahabat Muslimah Cantik Sehat. Semoga sudah jelas semuanya. Kita bisa bedamai dengan Kolesterol, tetapi tetap harus berjaga-jaga terutama bagi yang memiliki kolesterol tinggi. Baca artikel sebelumnya: Berbagai Bahaya dan Manfaat Kolesterol bagi Kesehatan. Baca artikel selanjutnya: Cara Mudah Bersahabat dengan Kolesterol

salam cantik sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »