Berbagai Bahaya dan Manfaat Kolesterol bagi Kesehatan

Bahaya Kolesterol - Kolesterol telah divonis sebagai sesuau yang menakutkan karena dapat menimbulkan penyakit jantung koroner dan menyebabkan kematian utama di negara-negara Barat. Penyakit jantung batu empedu dan kelainan metabolisme terbkti mempunyai kaitan erat dengan tingginya kadar kolesterol dalam makanan yang dimakan.

Kolesterol disintesis di dalam organ hati (sekitar 1500 mg/hari) dan sisanya diabsorpsi dari makanan sehari-hari. Sebanyak 75 sampai 80 persen kolesterol dalam tubuh manusia dimetabolissasi untuk pembentukan asam kolat yang penting untuk pencernaan dan penyerapan lemak. Bahan pangan hewani seperti daging berlemak jeroan otak telur terutama bagian kuningnya kerang dan prosuk olahan susu mengandung kolesterol tinggi per 100 gramnya sedangkan kandungan kolesterol yang terdapat pada ikan sangat rendah. - Manfaat kolesterol

Berbagai Bahaya dan Manfaat Kolesterol bagi Kesehatan

bahaya kolesterol bagi kesehatan

Selain berasal dari bahan pangan sehari-hari kita makan kolesterol juga dapat disintesis di dalam tubuh yaitu dari protein lemak dan karbohidrat. Kira-kira dua pertiga kolesterol di dalam tubuh ditukar setiap harinya melalui siskulasi enteropatik.

Endapan kolestrol di dalam pembuluh darah menyebabkan penyumbatan aliran darah ke organ tubuh. Bila kolesterol menyumbat nadi yang menuju jantung akan mengakibatkan kerusakan jantung dan sering berakhir dengan kematian. Selain pada nadi yang menuju jantung, ganggun aliran darah dapat juga teradi pada ginjal, otak dan mata.

Dengan alasan kesehatan banyak orang yang menghindari kolesterol. Sikap demikian diwujudkan dengan menghindari konsumsi bahan-bahan makanan berkolesterol seperti daging telur dan produk-produk olahan susu. Padahal bahan-bahan manakan tersebut merupakan sumber gizi yang sangat baik karena saran akan protein, vitamin, dan mineral.
manfaat kolesterol bagi tubuh

Tahu tidak, ternyata tidak selalu kolesterol berdampak negatif. Pengen tahu kelanjutannya, mari lanjutkan membacanya di sini:

Kolesterol tidak mesti berdampak buruk. Baca juga: 10 Cara Gampang, Cepat, dan Alami Menurunkan Berat Badan

Demikian Muslimah Cantik sehat berbagi tulisan Berbagai Bahaya dan Manfaat Kolesterol bagi Kesehatan semoga bermanfaat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »