Makanan Apa yang Baik Bagi Ibu Hamil?

Makanan apa yang baik bagi ibu hamil? Tentu saja banyak. Tetapi orang hamil memang harus hati-hati. Karenanya butuh pengetahuan yang memadai perihal makanan. Dan anda adalah termasuk salah seorang yang memerhatikan itu, memperhatikan jabang bayi anda, calon anak anda. Untuk ini saya salut kepada anda.

Mau makan apa kadang bingung. Makan ini tidak boleh, itu tidak boleh, yang itu boleh tapi jangan banyak-banyak. Ya begitulah. Tentu saja semua itu untuk beikan anda dan janin yang anda kandung.

Perlu anda ketahui bahwa makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting, karena saat itu janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya bisa berkembang dengan baik. Tetapi anda tidak usah langsung percaya begitu saja dengan mitos. Mitos ya mitos, sesuatu yang tidak benar, hanya rumor, gosip yang tidak jelas pembuktiannya.

Makanan Apa yang Baik Bagi Ibu Hamil?


Ada mitos misalnya yang menyatakan bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat lebih banyak. Ah, kata siapa. Yang benar adalah makanlah 2 kali lebih bergizi dari makanan yang anda makan sebelum hamil.

Ada pula mitos kehamilan yang menyatakan bahwa bila kita makan berlebihan, asupan kalori yang kelebihan akan membuat tubuh kegemukan. Ini juga ngawur, karena ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi yang gemuk pula. Anda tentu ingin anak anda langsing bukan? Nah!

Baiklah, berikut adalah beberapa makanan yang baik bagi ibu hamil.

Makananlah makanan yang mengandung Folic acid

Pada usia kehamilan 4 minggu ibu hamil penting untuk makan multivitamin 400 mcg folic acid. Kenapa? Sebab zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit tulang belakang tidak tertutup sempurna pada bayi.

Multivitamin tidak harus berupa kapsul. Karena folic acid juga ada pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, kacang kedelai, jagung, jambu klutuk, jeruk, sereal berbahan gandum atau alpukat, dan jagung.

Intinya penuhilah makanan 5 sehat 6 sempurna. Ya sekarang sudah bukan jamannya lagi 4 sehat 5 sempurna. Apa saja makanan itu?
  1. sayuran
  2. karbohidrat, seperi nasi (beras merah juga nasi lho ya), roti, kentang, oatmeal (havermouth)
  3. buah-buahan
  4. protein, misalnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe
  5. produk susu, misalnya : susu, yogurt, keju
  6. air putih (inilah yang sering kali dilupakan)

Untuk memenuhui kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil baiknya anda perhatikan hal-hal berikut:
Makanlah sedikit-sedikit saja jangan banyak tapi hanya 1 atau 2 kali sehari. Ini untuk mengurangi rasa mual
  • Perbanyaklah sayuran ketimbang porsi nasi atau roti anda.
  • Makannya bisa 5 kali sehari. Misal pagi, siang, malam, dan ngemil 3 kali dalam waktu yang berbeda.
Itulah tadi beberapa anjuran seputar makanan bagi ibu hamil. Oya apakah anda juga mengalami sering buang air besar saat hamil muda atau tua? Baca artikel berikut ini: Sebab dan Solusi Sering Buang Air Besar dan Kecil Saat Hamil
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »