Membuat Lulur dan Masker Alami Sendiri dengan Mudah


Cara membuat Masker Alami - Untuk memiliki kulit yang cantik dan halus memang tidak bisa dilakukan seperti membalik telapak tangan. Ada ikhtiar dan usaha tentunya. Tetapi itu juga bukan suatu persoalan yang sulit. Asalkan kita berusaha dan konsisten maka akan sangat gampang. Mendapatkan kulit cantik juga tidak harus mahal, karena kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita untuk digunakan.

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cantik adalah dengan menggunakan masker dan lulur. Sebenarnya lulur banyak dijual di apotik atau toko ketantikan, tetapi kalau kita bisa membuatnya sendiri kenapa tidak. Baiklah kali ini kami ingin berbagi beberapa cara membuat masker dan lulur sendiri dengan bahan alami.
Membuat Lulur dan Masker Alami Sendiri dengan Mudah

Membuat Masker Alami Dari Tanah


Lulur dari bahan tanah masih sangat jarang diketahui. Tetapi memang tanah liat tak hanya bisa dipergunakan untuk membuat kerajinan, tapi juga bisa untuk perawatan kecantikan wajah. Kelihatannya memang agak gimana gitu. Tetapi percaya atau tidak tanah liat bermanfaat untuk mengencangkan kulit, memuluskan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan wajah.

Dengan masker tanah maka minyak dan kotoran wajah dapat keluar. Masker tanah liat biasanya memang hanya digunakan di wajah, tapi ada pula sih yang menggunakannya untuk meluluri seluruh tubuh.

Lalu tanah apa yang bisa digunakan? Tentu saja tidak semua jenis tanah. Tanah yang bagus untuk masker adalah jenis tanah liat bentonit. Tanah ini bisa didapatkan di di toko pertanian, bukan di toko obat.

Cara membuat masker tanah 

cara membuat masker dari tanah

 

1. Pertama, ambillah 1 sendok tanah liat, lalu tambahkan dengan beberapa tetesan air lemon. Kemudian anda tinggal aduk jeruk nipis bersama air lemon menjadi sebuah pasta.

2. Masker sudah siap digunakan. Kita tinggal ambil kuas kemudian oleskan pada wajah secara merata.

Perlu diperhatikan, hindari area mata dan tunggulah selama 20 menit, setelah 20 menit bilaslah menggunakan air hangat.

Membuat Lulur Dari asam jawa, bahan beras hangus, dan kunyit


Lulur alami ini tiak begitu terkenal di tanah jawa, tetapi di daerah Sulawesi Selatan lulur ini sering digunakan. Dengan menggunakan lulur bahan alami dari asam jawa, beras halus dan kunyit maka kulit yang terbakar matahari dapat kembali cerah, dan tentu saja lembut. Beras yang sengaja digarang sampai agak hangus setelah dihaluskan akan menjadi seperti serbuk kopi yang juga bisa digunakan untuk bahan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati.
cara membuat lulur sendiri

Cara membuat lulur alami


Dengan bahan-bahan di atas kita bisa dengan mudah membuatnya:

1. Cuci sampai bersih kira-kira satu mangkuk kecil beras lalu tiriskan.

2. Sangrai beras tersebut sampai agak hangus, kemudian dinginkan.

3. Masukkan beras yang sudah hangus dalam blender, lalu tambahkan irisan kunyit sebanyak satu ruas jari dan setengah gelas air asam jawa.

4. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus. Pidahkan ke wadah yang bersih dan tertutup rapat.

5. Simpanlah di dalam kulkas.

6. Apabila masih terlalu kental anda boleh ditambahkan sedikit air hangat sebelum digunakan.

Apa fungsi-fungsi bahan alami tersebut:

Beras dapat dapat mencerahkan dan memutihkan serta memberikan efek pendingin pada kulit. Sementara kunyit bagus sebagai antiseptik dan anti bakteri, juga membuat kulit menjadi agak kekuningan. Dan air asam jawa sendiri selain sebagai bahan campuran yang membuat lulur ini agak melekit juga baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Asam ini juga dikenal dapat membunuh jerawat.

Demikian cara membuat Lulur dan Masker Alami Sendiri dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat. Tetaplah menjadi muslimah cantik yang berhati baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »