Membuat Ramuat Obat Alami Asam Urat Sendiri

Ramuan Alami Asam Urat - Tugas manusia adalah berusaha. Segala penyakit pasti ada obatnya, termasuk asam urat. Tuhan menciptakan penyakit sekaligus juga menciptakan obatnya. Kalau kemudian anda sudah berganti-ganti obat asam urat tapi tak kunjung sembuh, mungkin anda memang sedang diuji, dan kesabaran anda harus ditebalkan. Tapi pasrah dalam arti tidak mau berusaha untuk mencari obat lain tidak dibenarkan menurut agama. Cobalah lagi dan lagi, diiringi doa, dengan penuh kesungguhan, InsyaAllah penyakit anda akan sembuh. 

Asam Urat dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah uric acid, urate. Semacam penyakit rematik yang –mungkin tidak penting saya jelaskan, khususnya bagi para penderita. Tapi jika anda bukan penderita dan ingin tahu bagaimana rasanya sakit asam urat itu, gambarannya adalah begini: Sakit asam urat biasa menyerang jari-jari kaki, pergelangan kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar siku. Baiklah kali ini Muslimah Cantik Sehat hendak berbagi seputar tips dan Obat Asam Urat.

Obat Alami Asam Urat

ramuan obat asam urat

Gejala asam urat sering datang tiba-tiba dan itu terasa sangat menekan dan menyakitkan. Biasanya sendi akan membengkak dan jika disentuh terasa agak hangat. Warna merah atau ungu biasanya terlihat disekitar sendi yang terserang asam urat. Serangan asam urat biasanya sering kambuh pada sendi yang sama selama beberapa minggu, bulan atau tahun. Ya, meski sudah diobat tapi mungkin obatnya sembarangan atau belum mujarab. Serangan asam urat ini konon bisa merusak sendi dan berakibat juga pada kerusakan ginjal. Semoga Tuhan segera memberikan kesembuhan pada penderita asam urat, jangan sampai ke ginjallah, aamiin.

Penyabab Asam Urat

Ciri penyakit asam urat adalah meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Jika anda ingin tahu kadar asam urat anda, anda bisa cek darah di rumah sakit. Asam urat ini asalnya dari metabolisme purin, subclass dari protein yang berlimpah dalam tubuh manusia karena terlalu sering mengonsumi makanan seperti jeroan, sarden, ikan teri, jamur, asparagus, dan beberapa makanan lainnya.

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa sejumlah obat dan suplemen bisa membawa peningkatan kadar asam urat dalam darah dan biasanya juga membentuk kristal pada sendi menjengkelkan. Termasuk juga salisilat, vitamin B3 (niacin) , kelebihan vitamin C dan diuretik yang dapat diresepkan untuk tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular. Sering minum minuman beralkohol, tubuh yang kelebihan berat badan, juga bisa meningkatkan risiko asam urat.

Sekarang anda sudah tahu gejala dan penyebab terjadinya asam urat. Sekarang marilah kita ketahui obat apa yang tepat untuk asam urat.

Obat Asam Urat


Apakah ada obat untuk asam urat? Ada, dipasaran banyak kita jumpai obat asam urat. Tetapi mungkin obat tersebut hanya menyembuhkan secara sementara. Dan memang untuk obat asam urat belum ditemukan obat yang benar-benar dapat menyembuhkan. Belum ditemukan, bukan berarti tidak ada. Saya menemui beberapa orang penderita asam urat yang dapat sembuh secara total setelah melakukan berbagai cara yang nanti akan saya bahas di bawah.

Sebelumnya, saya akan jelaskan dulu terapi yang dapat menyembuhkan asam urat. Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup, khususnya menyangkut pla makan. Karena itu, siapa saja yang ingin sembuh dari asam urat, maka pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan.

Hindari daging kaya asam urat

makanan penyebab asam urat

Hindari daging yang merupakan sumber sangat kaya asam urat seperti jeroan, sarden dan ikan. Dokter menyarankan untuk menghindari makanan-makanan nabati atau sayur yang kaya dengan purin seperti kacang polong, kacang-kacangan, jamur, kembang kol dan bayam. Meski demikian, ada juga yang menyatakan bahwa makanan-makanan tersebut ada hubungannya dengan penyakit asam urat. Jika anda penderita asam urat, pasti anda sudah paham benar, ketika makan makanan yang disebutkan di atas, apakah asam urat anda kambuh? [ Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Kualitas Minyak Goreng]

Jauhi Kopi dan Sumber Kafein lainnya.

Ya, anda yang senang kopi tapi punya keluhan asam urat, sementara jauhkan dulu alias tidak usah minum kopi dulu. Juga minuman lain yang mengandung kafein.

Jauhi Alkohol

Alkohol mempromosikan dehidrasi dan mengiritasi saluran kemih. Selain haram dalam islam karena dapat menghilangkan kesadaran dan akal sehat, minuman ini dapat mengakibatkan asam urat anda meningkat. Jauhkanlah!

Terapi Asam Urat

teknik terapi asam urat

Sekarang gilirannya kita bicara soal terapi asam urat. Mungkin anda kadang mampir ke dukun pijat untuk terapi? Bagaimana hasilnya? Ceritakan kepada saya di kolom komentar.

Berikut adalah terapi alami yang bisa anda lakukan untuk mengurangi dan mengobati asam urat.

Pertama, minumlah yang banyak, minimal delapan gelas sehari. Ini berfungsi untuk menyiram asam urat dari sistem dan mencegah kristal deposisi urat. Jika belum terbiasa, ya mulai biasakanlah. Siapkan gelas delapan dan anda isi semuanya dengan air bening. Anda akan ingat, berapa gelas hari ini sudah minum. Jika tidak, masukan air dalam botol,  2 liter. Itu sih teknik saja, anda bisa mencari cara yang lain.

Kedua, khusus bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan, cobalah untuk menguranginya pelan-pelan. Bisa dengan olah raga, diet atau bagaimana.

Ketiga, makan buah ceri atau buatlah jus ceri. Ada penemukan dari sebuah laboratorium di Michigan State University yang menunjukkan bahwa memakan ceri dapat menghambat enzim yang disebut siklooksigenase -1 dan -2.

Keempat, konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.

Lima, makanlah buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.

Keenam, makanlah buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

Kelima, anda diperbolehkan makan nasi, singkong, roti dan ubi. Tapi ingat, jika anda kelebihan berat badan sebaiknya pikirkan bagaimana cara menguranginya.

Keenam, mulai sekarang kurangilah makanan karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan juga sirup. Apalagi minuman kemasan.

Ketujuh, hal lain yang harus dihindair juga obat-obatan yang mengandung aspirin. Selain itu tips mencegah datangnya asam urat adalah tidak terlalu lelah bekerja. Jika lelah, istirahatlah, jangan forsir tenaga untuk mencegah datangnya penyakit asam urat anda.

Obat Tradisional Obat Asam Urat


Berikut ini adalah penemuan-penemuan yang mungkin tidak disengaja. Mengobati asam urat dengan obat-obat tradisional dan alami yang ada di sekitar kita. Selain hebat, alami atau herbal obat semacam ini tidak ada efek samping dan yang utama adalah murah. - Obat Herbal untuk Asam Urat

Apa saja ramuan herbal untuk asam urat tersebut, berikut di antaranya:

Daun Salam

daun salam untuk asam urat

Kalau anda masak daging sapi biasanya pakai daun ini. daun yang artinya keselamatan. Daun salam. Daun ini sudah terkenal dan harum baunya. Perlu diketahui Daun salam mengandung senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid. Senyawa tersebut bisa digunakan untuk pengobatan, termasuk untuk asam urat. Tapi untuk lebih baiknya, anda tanyakan ini dulu ke dokter atau orang yang sudah pernah mencobanya.

Bagaimana cara meramu daun salam sebagai obat asam urat alami

Langkah pertama, rebuslah daun salam kering antara 10–15 lembar. Rebus pakai 3 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan obat alami tersebut 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Khasiat Daun Sidogori untuk Penyembuhan Asam Urat



khasiat sidogori
Nah, untuk yang ini ayah saya pernah mencobanya. Ayah saya adalah penderita asam urat yang sudah parah. Dan menurut pengakuan dan pengalamannya, mengonsumsi rebusan sirogori dapat cukup membuatnya enteng.



Nama lain sidogori adalah siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu, atau apalah. Sirogori mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran. Rasanya rasa manis, sedikit panas tapi sejuk. Katanya sih, saya sendiri belum pernah coba. Dalam dunia pengobatan sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Ingat, buan daunnya atau batangnya, tapi akarnya. Uh, akar sirogori itu paling suit dicabut. Kalau lagi bersih-berish halaman dan menemukan tanaman ini, sampai lecet tangan saya. Ah, kok malah curhat.

Oke kita lanjutkan! Bagaimana cara meramu sidogori sebagai obat asam urat?

Begini: mula-mula rebuslah garam 15-30 gram herba kering atau 30–60 gram herba basah sidaguri dengan 3 gelas air. Biarkan sampai menyisa setengahnya, ya dikira-kira saja. Lalu, minumlah 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10– 15 gram. oh, jadi begitu pengobatan herbal asam urat dengan sidogori.



khasiat kumis kucing untuk asam urat

Kumis Kucing Sebagai Obat Alami Asam Urat


Namanya itu lho, siapa yang pertama kali menamainya ya? Mungkin karena tanaman ini mirip kumis kucing. Entahlah. Yang jelas, tanaman ini sudah terkenal melebihi inul daratista. Tanaman ini ampuh sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Pengalaman yang pernah mencicipi katanya rasanya manis sedikit pahit. Tanaman ini mengandung garam kalium yang ampuh untuk melarutkan batu ginjal. Selain batu ginjal, kumis kucing juga bisa menjadi obat alami asam urat yang ampuh dan cespleng.

Cara meramu obat alami asam urat dari kumis kucing.

Pertama, cuci dulu 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Tumbuk hingga memar jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Resep tersebut diminum pada, siang dan sore hari, masing-masing dua pertiga gelas atau sekitar 150 ml.

Obat Asam Urat Sambitolo


daun sambitolo untuk asam urat

Tanaman yang berasal dari india ini juga dipercaya bisa mengobati asam urat. Nama lain sambitolo adalah papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray, atau apalah di daerah anda. Tanaman sambiloto mengandung flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium yang entah seperti apa wujudnya. Rasanya pahit, (coba saja) namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Ternyata mirip-mirip sirogori. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman, bukan daun dan akarnya saja.

Bagaimana cara meramu sambitolo sebagai herbal untuk asam urat? Begini: Mula-mula cuci dulu sampai bersih lalu rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Oh, jadi bukan hanya sambitolo, tapi juga ada, temulawak, lada, dan komfrey.


Itulah tadi beberapa obat asam urat alami dari tumbuhan.

Reruslah berusaha. Kalau anda belum sembuh juga, ya tetap harus bersabar. Yang jelas, anda harus menjaga pola makan anda dan menghindari makanan deretan makanan berikut Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak, lalu segala jenis seafot khusunya udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden, lalu ekstrak daging seperti abon dan dendeng apa pun, juga makanan kaleng, seperti sarden atau kornet, hindari juga daging kambing, daging sapi, daging kuda, termasuk juga daging bebek, angsa dan kalkun. Dan sayuran dan kacang-kacangan berikut jangan dimakan biar asam urat tidak kambuh, yaitu Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping. Tahu masih bolehlah, tapi jangan banyak-banyak banget. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung. Termasuk juga yang harus dihindari adalah keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental. Dan jangan makan buah ini: durian, nanas dan air kelapa. Jangan makan gorengan yang digoreng dengan margarin atau mentega.

Kenapa itu harus saya ulangi? Karena  saya tahu benar, banyak penderita asam urat lupa bahwa makanan tersebut pantangan baginya. Memang makannya pakai bismilillah, tapi kalau secara medis makanan tersebut dapat membuat asam urat kambuh ya tetap saja kambuh.

baca juga:
Membuat Lulur dan Masker Alami Sendiri dengan Mudah


Demikian beberapa tips, cara, dan obat alami asam urat. Semoga bermanfaat buat anda, keluarga anda, teman anda, suami atau istri anda dan untuk kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »