Inilah Makanan dan Masakan yang Bisa Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang

Tips sehat memasak ini penting sekali diketahui khususnya bagi para bunda yang sering memasak di rumah. Kadang-kadang, atau bahkan seringkali masakan kita tidak habis, dan pada pagi harinya butuh dipanaskan agar lebih lezat lagi dimakan. Tetapi ternyata, ada beberapa makanan yang apabila dianaskan ulang justru berbahaya.

Kalau kita tidak mengetahui hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan keluarga. Baiklah inilah beberapa jenis makanan yang berbahaya jika dipanaskan ulang. - Tips sehat

tips memasak makanan sehat


Jenis makanan yang berbahaya jika dipanaskan ulang


Bayam

Untuk jenis makanan ini agaknya sudah banyak yang tahu. Ya, bayam adalah makanan yang mengandung banyak nitrat, yang jika dipanaskan berulang kali akan mengubah kandungan nitrat menjadi nitrit. Nitrit berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh manusia, jadi sangat dianjurkan agar hanya memakan masakan bayam dalam kondisi segar, makanlah segera setelah masakan matang. Hindari makan masakan bayam yang sudah tersimpan lama, dan jangan menghangatkannya untuk dimakan ulang.

Seledri

Masih jarang yang tahu jika seledri yang paling sering digunakan untuk sup juga mengandung nitrat yang akan berubah jadi nitrit yang sifatnya karsinogenik (pemicu kanker) jika dipanaskan ulang. Ini seperti bayam. Jika anda ingin memanaskan ulang sup anda sebaiknya buang terlebih dahulu potongan-potongan seledrinya.

Jamur

Masakan dengan bahan Jamur sebaiknya dimakan dengan segera ketika sudah dimasak, dan jika dibiarkan lama lebih baik memakannya pada kondisi dingin apa adanya, jangan dipanaskan ulang. Jika dipanaskan ulang, akan ada perubahan dalam komposisi proteinnya, dan bahkan ada perubahan rasa. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, dan kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur.

Ayam

Sebagaimana halnya jamur, jika dipanaskan ulang daging ayam akan berubah komposisi proteinnya. Oleh karena itu, jika anda ingin menghangatkannya kembali tidak dianjurkan memanaskan ulang pada suhu tinggi, cukup dengan api kecil dengan waktu singkat hingga masakan terasa cukup hangat.

Kentang

Kentang adalah makanan yang sangat bergizi yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang karena kandungan gizinya akan hilang, dan bahkan jika dipanaskan berulang-ulang kemungkinan akan menjadi beracun. Makan segera setelah dimasak atau makan dalam kondisi dingin tanpa perlu memanaskannya kembali.

Telur

Telur adalah makanan berisiko tinggi jika dipanaskan ulang. Telur akan menjadi sangat beracun jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang. Terutama telur yang dimasak dengan cara direbus atau dimasak dalam kondisi bulat dengan bagian kuningya tetap di dalam.

Mari kita ingat-ingat lagi: Bayam, jamur, seledri, ayam, telur. Itulah jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan kembali. Jadi beritahu yang lain, kawan-kawan anda untuk membaca info ini. Semoga bermanfaat. (dilansir dari kabarsalam.blogspot.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »