Tata Cara Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Postingan ini ditulisn pada malam tahun baru Hijriyah, 1 Muharram 1437 H. Banyak orang, khususnya orang jawa menganggap malam ini sebagai malam yang sakral. 1 Syuro namanya. Bahkan ada beberapa ritual khusus dalam menyongsong tahun baru hijriyah dengan amalan yang tidak sesuai syariat. 

Tapi saya tidak hendak membahas soal amalan-amalan itu. Sya hanya akan share tentang doa memasuki awal tahun baru hijriyah, sebagai berikut:

doa tahun baru hijriyah
klik untuk memperbesar
Bismillaahir-rahmaanir-rahiim Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam.

Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni
ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam


Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.

Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.

Pada prinsipnya memang tidak ada doa khusus tahun baru hijriyah. Kalau ada doa-doa sebagaimana di atas, itu tidak wajib, dan memang bukan karangan Rasulullah.

MEmang ada hadist Rasulullah yang dianggap sebagai doa awal tahun, bunyinya:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah.” (HR. al-Tirmidzi, beliau berkata: ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al-Albani berkata: Shahih)

Tapi itu juga tidak khusus dijadikan doa awal tahun. Menjadikan doa tersebut khusus sebagai doa awal tahun justru tidak tepat. 

Menurut saya sih, berdoa pada awal tahun hijriyah sangat bagus dan boleh, meski tidak ada doa khusus. 

Saya ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1437 H. Semoga kita bisa menjalani hari-hari di tahun yang baru lebih baik lagi. 

Ohya, jika anda menggnakan BBM atau yang lain, barangkali tertarik menggunakan DP berikut, silakan. 

dp tahun baru hijriyah

dp tahun baru hijriyah

dp tahun baru hijriyah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »