8 Perubahan dan Pantangan Pasca Melahirkan

Pantangan Setelah melahirkan – Anda baru saja melahirkan? Selamat. Itu artinya anda baru saja dikaruniai sebuah nikmat yang agung dari Allah Swt. Sudah semestinya anda bersyukur. Tidak hanya dengan ucapan, tetapi dengan tindakan nyata, salah satunya adalah menjaga, merawat, mengasuh, mendidik, memberi nama si buah hati yang terbaik.

Kali ini muslimah cantik tidak akan mengupas soal kewajiban orang tua kepada anaknya, melaikan akan mengulas lebih dalam soal pantangan pasca melahirkan.

Kita hidup di Indonesia yang kaya akan tradisi, juga mitos-mitos. Adakalahnya mitos-mitos atau wejangan yang diberikan oleh orang tua atau kakek nenek kita itu benar, sesuai dengan ilmu kesehatan, tetapi adakalanya ngawur.

Tujuan nenek moyang kita melarang ini dan itu dan lain-lain yang sebenarnya bisa kita lakukan adalah demi kebaikan kita sendiri. Jari tidak perlu kita menanggapinya dengan emosi. Terimalah sisi positifnya.

8 Perubahan dan Pantangan Pasca Melahirkan 

Pantangan Pasca Melahirkan


Ibu pasca melahirkan memang harus ketat dalam menjalani laku kehidupan, artinya tidak boleh sembarangan. Ada aturan, yang didalamnya ada pantangan. Kenapa? Karena pasca melahirkan seorang ibu mengalami perubahan fisik dan emosi, sehingga perlu waktu untuk sampai pada tahap normal. Jika dihadapi dengan serampangan, bisa-bisa perubahan tersebut membawa efek buruk.

Inilah beberapa perubahan yang harus diketahui ibu pasca melahirkan sebagaimana disebutkan dalam ummi-online.co.id. Eh, bukan ibu hamil saja. Suami juga mesti tahu. Ibu yang baru melahirkan tentu sedang repot-repotnya mengasuh jabang bayi, jadi anda sebagai suami mestinya berkenan untuk membacakannya dan menyalurkan ilmu ini.

Untuk mengetahui pantangan-pantangan tersebut, sebaiknya kita juga mesti tahu perubahan apa saaja yang akan dialami oleh ibu pasca melahirkan.

(Baca juga: 4 Cara Memilih Makanan Sehat)

Perubahan Pasca Melahirkan 


1. Otot tubuh Mengendur kekenduran

Sahabat muslimah-cantik, anda sudah mengalaminya (atau akan) melahirkkan, dan anda sekarang tahu dan paham bagaimana proses tersebut sungguh luar biasa. Ketika hendak melahirkan, otot-otot tubuh mengalami kontraksi yang hebat, sehingga mengalami ketegangan. Akibatnya otot-otot tubuh menjadi mengendur pasca persailan. Hal ini menyebabkan anda merasa sangat lelah, dan tubuh pegal-pegal seperti baru saja mengangkat beban yang berat. Bisa jadi anda sulit tidur.

Pantangan:

- Jangan dulu mengangkat barang-barang yang berat setelah melahirkan. Mulailah dulu dengan barang-barang yang ringan.

- Jangan melakukan gerakan-gerakan cepat. Pelan-pelan saja.

2. Jika Lahir caesar

Setelah melahirkan dengan jalan caecas anda mungkin akan mengalami sesuatu yang sakit di bagian tubuh yang dioperasi. Ada jahitan di sana. Jahitan tersebut tidak cukup kuat dalam waktu seminggu dua minggu bahkan sampai beberapa bulan. Oleh sebab itu anda mesti perhatikan pantangan setelah melahirkan caecas berikut:
pantangan setelah melahirkan caecas

pantangan setelah melahirkan caecas


- Jangan melakukan gerakan yang cepat

- jangann mengangkat beban berat

- Jangan menggaruk perut

- Jangan makann makanan yang membuat luka operasi lama mengering.

3. Keadaan Rahim Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan rahim akan kembali kepada kondisi semula, di mana sebelumnya ia membesar maka ia akan mengecil. Barangkali seperti balon yang tadinya besar kemudian kempis, akan ada semacam kerutan. Tetapi proses pengecian atau pengerutan rahim ini tidak cepat, melainkan membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan untuk kembali normal.

4. Perut Pasca Melahirkan

Bedakan antara rahim dan perut. Rahim ada di bagian dalam, sementara perut adalah tempat di mana rahim berada. Nah, setelah melahirkan perut akan mengendur, tetapi anda akan merasakan perut anda bergoyang ketiak berjalan. Karena itulah sebaiknya ibu setelah melahirkan menggunakan gurita atau yang bisa disebut stagen. Tujuannya untuk menyangga agar perut anda kembali normal dan anda bisa tetap beraktifitas, mesti yang ringan-ringan dulu.

- Pantangan:

- membiarkan perut tanpa stagen

5. Payudara Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan payuda terkadag membengkak sehingga timbul rasa nyeri. Sebenarnya ini sudah terjadi sejak kehamilan, di mana payudara mengalami proses pembesaran secara bertahap dan akan benar-benar membesar menjelang kelahiran.

Oleh karena itu, ibu mesti mengeluarkan air susu untuk bayi. Karena semakin bayi menyusu dengan aktif maka rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Pantangan:

- Ogah menyusui atau mengeluarkan air susu

6. Kerja ginjal Pasca Melahirkan

Setelah melahirkan tubuh akan mengeluarkan cairan yang disimpan selama kehamilan secara perlahan dan bertahap. Anda tidak perlu takut jika setelah melahirkan cenderung lebih bayak keringat dan sering buang air kecil. Hal tersebut dipengaruhi oleh ginjal. Karena ginjal sedang melakukan pekerjaan yang berat bagi ibu pasca melahirkan.

Pantangan:

- Jangan menyedikitkan air minum. Karena bisa berdampak dehidrasi

7. kulit dan rambut pasca melahirkan

Setelah melahirkan kulit anda akan mengalami perubahan warna hitam kecoklatan. Ini biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh. Hal ini normal, dan anda tidak perlu panik. Keadaan ini akan membaik setelah 4 hingga 6 bulan.

Rambut juga akan mengalami perubahan. Bukan warnanya. Melainkan pada kerontokan yang biasanya dialami ibu pasca melahirkan. Biasanya pada minggu atau bulan-bulan awal pasca melahirkan. Tenang saja, lambat laun, ini akan sembuh sendiri.

Pantangan:

- Jangan Panik akibat perubahan fisik

8. Perubahan Hormon Pasca Melahirkan

Hormon apa saja yang berupah pasca melahirkan? Pertama adalah estrogen dan progesteron yang selama masa kehamilan meningkat tajam dalam waktu 24 jam pasca melahirkan akan kembali normal dengan cepat. Kenapa itu bisa terjadi? Sebab terjadinya penurunan kadar hormon tiroid dan insulin. Nah, karena faktor perubahan hormon inilah perempuan pasca melahirkan bisa mengalami depresi yang terkenal dengan sebutan postpartum depression.

bacaa juga: Cara Mengetahui Kehamilan dan gejalanya
keyword:

pantangan setelah melahirkan secara normal

pantangan setelah melahirkan menurut islam
pantangan setelah melahirkan adat jawa
pantangan setelah melahirkan operasi caesar
pantangan makanan pasca melahirkan normal
pantangan makanan pasca melahirkan caesar
pantangan bagi ibu pasca melahirkan
pantangan buat ibu pasca melahirkan
pantangan bagi wanita pasca melahirkan
pantangan makanan bagi ibu pasca melahirkan
pantangan makanan setelah melahirkan caesar
makanan pantangan setelah melahirkan cesar
pantangan makanan sehabis melahirkan caesar
pantangan makan setelah melahirkan caesar

pantangan makanan dan minuman pasca melahirkan

pantangan 40 hari pasca melahirkan
pantangan selama 40 hari pasca melahirkan
pantangan sebelum 40 hari pasca melahirkan
pantangan makanan ibu pasca melahirkan
pantangan untuk ibu pasca melahirkan
pantangan makan ibu pasca melahirkan
pantangan makanan untuk ibu pasca melahirkan
pantangan makanan untuk pasca melahirkan
pantangan makanan setelah melahirkan normal
pantangan untuk orang setelah melahirkan normal
pantangan makanan pasca operasi melahirkan
pantangan makanan setelah operasi melahirkan
pantangan makanan setelah melahirkan sesar
pantangan tidur siang pasca melahirkan

Itulah beberapa hal yang akan terjadi pada ibu pasca melahirkan dan pantangan-pantangannya. Semoga dengan mengetahui hal-hal tersebut, ibu hami menjadi lebih mawas diri sehingga tahu mana-mana yang mesti dilekukan dan mana-mana yang menjadi pantangan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »